Konsumsi BBM Bakal Naik 10 Persen di Mudik Lebaran 2023, Pertamina Jaga Pasokan Sejak dari Kilang

Pertamina pastikan stok distribusi BBM terpenuhi.
Sumber :
  • Pertamina

VIVA Bisnis – PT Pertamina (Persero) memprediksi bahwa konsumsi bahan bakar minyak (BBM) nasional selama periode Lebaran 2023/Idul Fitri 1444 H, bakal naik sekitar 10 persen.

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati menjelaskan, hal itu dipengaruhi oleh proyeksi pemerintah terkait adanya potensi jumlah pemudik, yang diperkirakan akan mencapai sebanyak 123 juta orang dan akan mempengaruhi permintaan BBM di periode mudik Lebaran tersebut.

"Untuk kebutuhan gasolin diperkirakan akan naik 10 persen, meskipun permintaan gasoil turun," kata Nicke dalam acara silahturahmi pemimpin redaksi bersama Pertamina, di Grha Pertamina, Jakarta, dikutip Rabu, 12 April 2023.

Peringati Hari Kartini, Peran Perempuan dalam Industri 4.0 Jadi Sorotan di Hannover Messe 2024

Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati

Photo :
  • Pertamina

Dia menambahkan, konsumsi Pertalite diproyeksi juga akan meningkat 10 persen, dibandingkan dengan konsumsi rata-rata pada situasi normal. Peningkatan yang sama juga termasuk untuk produk Pertamax dan Pertamax Turbo.

Usai Sepi Peminat, Pemerintah Kasih Gratis Konversi Motor Listrik

Sementara untuk permintaan gasoil seperti Biosolar dan Pertamina Dex, Nicke memproyeksikan bakal turun sebesar 7 persen dibandingkan dengan rata-rata harian normal.

"Faktornya adalah karena adanya pembatasan operasional kendaraan angkut," ujarnya.

Selain itu, Nicke juga memprediksi bahwa peningkatan konsumsi BBM akan terjadi pada avtur, yang diperkirakan turut meningkat 7,4 persen jika dibandingkan dengan rata-rata konsumsi normal.

"Dan ini semua kami lakukan dengan kilang, kapal, dan upstream. Karena kami jaga agar peningkatan demand ini tidak diisi dari impor, tapi dipenuhi dari produksi kilang dalam negeri dan migas dalam negeri," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya