Kembali Perkasa! Rupiah Capai Level Rp 14.699 per Dolar AS

Dolar AS dan rupiah.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA Bisnis – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot menguat pada perdagangan Jumat pagi, 14 April 2023. Terpantau pukul 09.17 WIB, rupiah menguat sebesar 181 poin atau 0,63 persen ke posisi Rp 14.699 per dolar AS, dibandingkan pada penutupan sebelumnya senilai Rp 14.880 per dolar AS.

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp 14.792 per dolar AS.

Analis PT Sinarmas Futures Ariston Tjendra memperkirakan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS akan menguat hari ini. Hal itu dipicu oleh data ekonomi Amerika Serikat (AS).

Trade Minister: No Need to Worry about Weakening of Rupiah

"Dolar AS masih terlihat dalam tekanan terhadap nilai tukar lainnya. Karena data ekonomi AS masih mendukung ekspektasi bahwa Bank Sentral AS akan menahan suku bunga acuannya tahun ini," kata Ariston kepada VIVA, Jumat, 14 April 2023.

Uang kertas rupiah dan dolar AS.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Melemah di Level Rp 16.220 per Dolar AS, Rupiah Diproyeksi Menguat

Ariston mengatakan, berdasarkan data inflasi produsen AS pada bulan Maret, menunjukkan bahwa tekanan inflasi di AS semakin berkurang. "Data klaim tunjangan pengangguran mingguan memperlihatkan jumlah klaim yang lebih tinggi dibandingkan pekan sebelumnya," jelasnya.

Sementara dari dalam negeri lanjut Ariston, kondisi ekonomi RI yang membaik juga mendukung penguatan rupiah terhadap dolar AS.

Dengan demikian, Ariston memperkirakan rupiah akan menguat hari ini ke arah Rp 14.700-Rp 14.680. Sedangkan potensi resisten di kisaran Rp 14.800.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya