Pemudik Motor Tujuan Sumatera Mulai Nyeberang Lewat Pelabuhan Ciwandan

Ilustrasi pemudik menggunakan sepeda motor
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ardian

VIVA Bisnis – Para pemudik tujuan Sumatera yang menggunakan sepeda motor mulai hari ini, Sabtu, 15 April 2023 dialihkan menyeberang melalui Pelabuhan Ciwandan, Banten. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya antrean di Pelabuhan Merak, Banten.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Shelvy Arifin mengatakan, hal itu sesuai tindak lanjut dari rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo. Selain motor, penyeberangan truk logistik juga turut dipindahkan ke Pelabuhan Ciwandan.

"Pemerintah juga memusatkan pelayanan untuk seluruh kendaraan roda 2 dan truk golongan VI B akan dialihkan ke Pelabuhan Ciwandan terhitung sejak tanggal 15-21 April 2023," kata Shelvy dalam keterangannya, Sabtu, 15 April 2023.

Bea Cukai Tingkatkan Pengawasan Kepabeanan bersama KSOP dan TNI AL

Petugas Kepolisian Sektor Khusus Pelabuhan (KSKP) Banten di Pelindo II Ciwandan.

Photo :
  • Dokumentasi KSKP Banten

Shelvy menuturkan, pengendara roda dua dapat menyeberang dengan menempuh rute Ciwandan-Bakauheni pada tanggal 15-21 April 2023. Itu ditambah rute Ciwandan-Panjang untuk tanggal 19-21 April 2023.

Polisi Gagalkan Penyeludupan Puluhan PMI Ilegal di Perairan Sumut saat Menuju Malaysia

Adapun untuk kendaraan truk golongan VB, pelayanan penyeberangan dari Pelabuhan Merak akan dilayani hanya pada tanggal 15-17 April 2023. "Sehingga, untuk yang ingin menyeberang dari tanggal 18-21 April akan dialihkan menuju Pelabuhan Ciwandan," jelasnya.

Sementara itu, bagi truk golongan VII sampai dengan golongan IX akan dilayani melalui Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) sejak tanggal 15-21 April 2023.

Dia melanjutkan, untuk jumlah kapal yang beroperasi di pelabuhan perbantuan antara lain Pelabuhan Ciwandan sebanyak 11 Kapal RoRo, dua Kapal ALP, dan satu Kapal Pelni. Sedangkan pada Pelabuhan BBJ sebanyak lima unit kapal.

Shelvy menambahkan, pengguna jasa penyeberangan kapal ferry khususnya di lintas Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk diwajibkan membeli tiket Lebaran mulai dari sekarang. Sebab tiket sudah dapat dipesan melalui aplikasi dan web Ferizy sejak H-60 sebelum keberangkatan.

"Kami ingatkan kembali bahwa pembelian tiket melalui aplikasi resmi Ferizy selambat-lambatnya H-1 sebelum tanggal keberangkatan, karena sudah tidak ada lagi penjualan tiket di area pelabuhan," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya