Baru 79 Persen Pemudik yang Kembali Menyebrang dari Sumatera ke Jawa

Pelabuhan Merak
Sumber :
  • Kementerian Perhubungan

Banten – Pemudik yang sudah kembali dari Sumatera ke Jawa terhitung antara 11-16 April 2024, belum sepenuhnya kembali. Baru sekitar 79 persen atau sekitar 656.622 orang, dari total pemudik sejak H-7 hingga H-1 yang berjumlah 835.718 orang.

Viral Video Aksi Maling Curi Spion Mobil, Ada Cara Mencegahnya

Kemudian, kendaraan pemudik yang kembali dari Sumatera ke Jawa baru 80 persen atau sekitar 79.896 unit, dari total 100.087 roda empat. Total kendaraan secara akumulatif yang telah kembali ke Pulau Jawa dari Sumatera mulai tanggal 11-16 April 2024 sebanyak 154.008 unit atau mencapai 78 persen, dibandingkan jumlah kendaraan yang berangkat saat arus mudik sebanyak 196.287 unit kendaraan. 

"Arus balik sudah semakin landai, kami perkirakan pemudik dan kendaraan yang belum kembali akan terdistribusi merata hingga akhir pekan ini mengingat sejumlah karyawan yang mungkin mengambil cuti panjang pada periode libur Idul Fitri ini," ujar Shelvy Arifin, Corporate Secretary ASDP Indonesia Ferry, dalam keterangan resminya, Rabu, 17 April 2024.

Survei KedaiKOPI: Mayoritas Masyarakat Puas Atas Kinerja Polri Amankan Mudik Lebaran

Perusahaan BUMN itu mengapresiasi masyarakat, yang semakin sadar membeli tiket sebelum tiba di pelabuhan. Manajemen mengaku akan terus melakukan sosialisasi agar kesadaran masyarakat terus meningkat dalam pembelian tiket online.

"Secara data akumulatif, pemudik bertiket yang tiba di pelabuhan Bakauheni mencapai 98,2 persen," terangnya.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Lancarnya arus balik Idul Fitri 2024 dipengaruhi kebijakan pemerintah yang membolehkan karyawan bekerja dari rumah atau WFH. Sehingga arus balik terdistribusi merata dan tidak bertumpu di hari yang sama.

Kebijakan WFH sangat membantu pengaturan rekayasa lalu lintas oleh kepolisian, sehingga beban pemudik tidak fokus pada hari tertentu.

"Itu sangat membantu bagi kami yang disampaikan pemerintah, WFH, di sini masyarakat berfikir untuk kembali di puncaknya, bisa terjadi pemecahan arus balik. Itu membuat kemudahan bagi kami, untuk mengantisipasi arus balik," ujar Kapolda Banten, Irjen Pol Abdul Karim, Rabu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya