Indonesia Ekspor 23 Ribu Ayam Segar ke Singapura

Ilustrasi unggas / ayam.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Bisnis – Indonesia melakukan ekspor ayam hidup sebanyak 23.000 ekor ke Singapura melalui jalur laut. Ekspor ayam itu dilakukan oleh JAPFA Grup melalui hasil budidaya PT Ciomas Adisatwa di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau.

Lewati Triwulan I 2024, APBN Terus Jadi Shock Absorber Perekonomian Nasional

Direktur JAPFA Harwanto mengatakan, ekspor tersebut menjadi tonggak penting bagi opsi pengiriman baru untuk memasok ayam segar ke Singapura.

“Sebagai perusahaan perunggasan nasional dengan solusi total, JAPFA mampu wujudkan komitmen untuk memenuhi kebutuhan protein hewani di kawasan, khususnya Singapura. Ini merupakan tonggak sejarah penting untuk dunia perunggasan nasional," kata Harwanto dalam keterangannya Senin, 15 Mei 2023.

Potensi Besar Ekspor Seafood RI, Aruna Pede Bidik Pasar Global

Seorang anak melintas dekat mobil yang mengangkut ayam potong di terminal Pelabuhan Kayangan, Lombok Timur, NTB. (Ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Ada Konflik di Timur Tengah, Bos BI Pede Ekonomi RI Tetap Kuat

Harwanto menuturkan, pada tahun 2023 ini pihaknya menargetkan 1.500 ton atau sekitar 900.000 ayam hidup  untuk diekspor ke Singapura.

"Pengiriman ayam hidup ke luar negeri yang pertama sepanjang sejarah ini merupakan kolaborasi antara JAPFA, pemerintah Indonesia, Singapura dan para pemangku kepentingan lainnya. Tidak hanya ayam hidup, kami juga sedang menjajaki peluang ekspor produk perunggasan lainnya," katanya.

Pada pelepasan ekspor perdana ayam hidup ini, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementan, Nasrullah mengatakan ekspor ke Singapura itu merupakan bukti bahwa produk peternakan Indonesia memiliki kualitas yang baik dan mampu memenuhi jaminan keamanan pangan yang sesuai dengan standar internasional.

"Seperti juga kita ketahui, potensi produksi daging ayam ras nasional tahun 2022 tercatat sebanyak 3,67 juta ton. Hal ini menunjukkan Indonesia adalah negara yang mampu menyuplai kebutuhan unggas dan produk turunannya bukan hanya bagi masyarakat Indonesia tetapi siap untuk menyuplai kebutuhan pangan global," katanya.

Sejalan dengan tujuan perusahaan untuk menyediakan protein hewani yang bergizi dan terjangkau dengan cara yang efisien dan berkelanjutan, saat ini JAPFA berperan penting dalam menyediakan bahan makanan bagi masyarakat di kawasan Asia.
Ilustrasi pakaian batik.

Keren, Batik Indonesia Paling Banyak Diekspor ke Amerika Serikat dan Jerman

Batik asal Indonesia paling banyak diekspor ke negara-negara Amerika Serikat (porsi 74,75%), Jerman (3,61%), Singapura (3,23%), Malaysia (2,82%), dan Kanada (1,92%).

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024