BUMI Jadi Salah Satu Perusahaan Tambang Peraih Skor ESG Terbaik Versi Bloomberg

Kegiatan penambangan Bumi Resources.
Sumber :
  • Dokumentasi Bumi Resources.

VIVA Bisnis  – PT Bumi Resources Tbk (BUMI) meraih peningkatkan dalam 'Environmental, Social & Government (ESG) Disclosures Scores' dari Bloomberg, selaku penyedia layanan data keuangan global terkemuka, yang telah dilakukan sejak Agustus 2020. 

Prudential Indonesia Bayarkan Klaim Asuransi 17 Triliun Selama 2023

Presiden Direktur BUMI, Adika Nuraga Bakrie menjelaskan, Bloomberg ESG Disclosures Scores yang diraih BUMI secara keseluruhan meningkat sebesar 16,22 persen. "Yakni dengan nilai 65,92 pada tahun 2022 berbanding 56,72 pada tahun 2021," kata Adika dalam keterangannya, Senin, 5 Juni 2023.

Dia menjelaskan, peningkatan penilaian BUMI terdapat di semua item penilaian ESG, dengan skor 'Social' sebagai aspek yang meningkat paling signifikan dan tajam hampir 40 persen. Hal ini terutama disebabkan oleh pengungkapan hasil Uji Tuntas Hak Asasi Manusia dalam Laporan Keberlanjutan BUMI 2022.

Kasus Korupsi Timah, Kejagung Periksa Pegawai Kementerian ESDM

Kegiatan

Photo :
  • 1349780

"Dengan pencapaian kinerja ESG tersebut, BUMI menjadi salah satu perusahaan pertambangan Indonesia terbaik dalam hasil skor pengungkapan ESG menurut Bloomberg," ujarnya.

Alasan Kejaksaan Agung Izinkan 5 Smelter Timah Tetap Beroperasi Meski Disita

Adika menyatakan, untuk mencapai visinya, BUMI telah menjadikan kinerja ESG sebagai salah satu indikator kinerja utamanya. Komitmen ini diwujudkan dengan inisiatif besar untuk terus meningkatkan posisi BUMI, sebagai pemimpin ESG di industri pertambangan Indonesia.

Selain itu, BUMI juga telah menyusun laporan keberlanjutan sejak tahun 2016 hingga sekarang, yang mempublikasikan praktik-praktik ESG BUMI yang berhasil dalam berbagai aspek keberlanjutan. Misalnya seperti kinerja ekonomi, praktik ketenagakerjaan, kepatuhan, lingkungan dan masyarakat, serta hak asasi manusia.

Dia menambahkan, perseroan sangat bangga dengan pencapaian rating di Refinitiv, sebagai penyedia data dan infrastruktur pasar keuangan terkemuka. Hal itu untuk mengukur posisi kinerja ESG BUMI sebagai perusahaan terbaik, di antara perusahaan tambang dunia lainnya dan selalu terus mengomunikasikan pencapaian ESG-nya.

Skor Pengungkapan ESG dari Bloomberg yang diterbitkan ini dapat membantu dan memudahkan investor dalam mengambil data awal, yang selama ini sulit dilakukan di perusahaan-perusahaan lain. Dari sisi perseroan, skor ini menawarkan tolok ukur yang berharga, kuantitatif, yang dengan mudah menyoroti kinerja ESG.

Skor ESG sepenuhnya transparan di mana investor dapat memeriksa metodologi penilaian dan laporkan data perusahaan, yang mendasari setiap skor. Pencapaian dalam meningkatkan skor pengungkapan ESG Bloomberg ini merupakan bukti pendekatan holistik BUMI, terhadap praktik keberlanjutan dan tanggung jawab.

"Perusahaan mengakui bahwa praktik bisnis yang berkelanjutan sangat penting untuk kesuksesan jangka panjang, dan bertujuan untuk memimpin dengan memberi contoh dengan menetapkan tolok ukur baru. BUMI tetap berkomitmen untuk perbaikan berkelanjutan, demi menetapkan target yang ambisius untuk peningkatan ESG lebih lanjut di masa mendatang," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya