Tantang Kemenkeu, Jusuf Hamka: Saya Siap Bayar Rp 70 Triliun Jika CMNP Utang ke Negara

Pengusaha Jusuf Hamka di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta
Sumber :
  • VIVA/Ilham

Jakarta – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengungkapkan, tiga anak usaha grup Citra yang dianggap terafiliasi perusahaan Jusuf Hamka memiliki utang kepada negara sebesar Rp 775 miliar. Utang itu berkaitan dengan Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI).

Sri Mulyani Ungkap APBN Surplus Rp 8,1 Triliun hingga Maret 2024

Merespons hal itu, Jusuf Hamka menepis tudingan tersebut dan siap mengganti 100 kali lipat atau sekitar Rp 70 triliun bila perusahaannya, PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) mempunyai utang ke negara.

"Kan saya bilang, gua mau kasih 100 kali lipat, kalau itu bener bos, Rp 70 triliun. Iya dong, harus terbukti. Kalau enggak terbukti, bayar saya 1 rupiah saja cukup," kata Jusuf di kantor Kemenko Polhukam Jakarta, Selasa, 13 Juni 2023.

Viral Aksi Emak-emak di Makassar Mengamuk Sambil Ancam Pakai Parang Penagih Utangnya

Pengusaha Jusuf Hamka di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta

Photo :
  • VIVA/Ilham

Jusuf juga membeberkan bukti bahwa dirinya bukan merupakan obligor. Pertama, dia menyebutkan bahwa dia tidak pernah masuk ke dalam daftar obligor selama tugas Satgas BLBI.

Rasio Utang Pemerintah 2025 Ditargetkan Naik Jadi 40 Persen, Kemenkeu Buka Suara

"Kedua, saya menang di MA (Mahkamah Agung). Kalau saya menang, misalnya saya punya utang, ngapain buat berita acara kesepakatan bos? Ngapain saya dipanggil (Kemenkeu)? Minta diskon pula," ujarnya.

Dia meminta agar Kemenkeu mau membayarkan utangnya. Disisi lain, dia hanya pasrah jika utangnya tidak akan dibayarkan.

"Sudahlah, jangan debat kusir. Utang ya utang, mau dibayar Alhamdulilah, enggak dibayar wasyukurillah, ngadu kepada Allah. udah gitu aja," jelasnya.

Penjelasan Jusuf Hamka soal Dugaan Afiliasi dengan Keluarga Cendana

Siti Hardiyanti Rukmana (Mbak Tutut) menyerahkan dokumen Soeharto ke negara

Photo :
  • VIVA / Syaefullah

Adapun terkait perusahaannya yang diduga berafiliasi dengan Keluarga Cendana, yang mana CMNP dan Bank Yama dimiliki oleh orang yang sama yakni Siti Hardijanti Rukmana alias Tutut Soeharto, Jusuf menegaskan bahwa CMNP tidak terafiliasi.

"Ya bisa diperiksa. Kan sudah diuji di MA, tidak ada afiliasi dengan Keluarga Cendana. Bu Menteri ya saya cuma minta belas kasihan, Pak Jokowi dan Pak Mahfud MD itu sudah kooperatif," kata dia.

"Bu Menteri saya minta tolong, saya cuma rakyat. Kalau itu hak saya mbok ya dikembalikan, kalau enggak ya sudahlah saya ngadunya ke Allah aja," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya