Anak Usaha Bank Mandiri Terbitkan Obligasi Berkelanjutan, Tawarkan Kupon hingga 6,95 Persen

Mandiri Tunas Finance
Sumber :
  • Arianti Widya

Jakarta – Anak usaha Bank Mandiri, yakni PT Mandiri Tunas Finance (MTF) menerbitkan Obligasi Berkelanjutan VI Tahap I Tahun 2023, dengan target sebesar Rp 1 triliun dari total target penawaran sebesar Rp 5 triliun.

Bank Mandiri Selektif Cairkan Paylater, Ini Pertimbangannya

“Pada 9 Juni 2023, MTF telah meluncurkan penawaran awal untuk Obligasi Berkelanjutan VI Mandiri Tunas Finance Tahap I Tahun 2023, dalam rangka upaya peningkatan pembiayaan,” kata Direktur Utama Mandiri Tunas Finance, Pinohadi G. Sumardi, dalam keterangannya, Rabu, 14 Juni 2023 .

Mandiri Tunas Finance

Photo :
  • Arianti Widya
Harga Emas Hari Ini 22 April 2024: Produk Global dan Antam Kompak Merosot

Dia menjelaskan, Obligasi Berkelanjutan VI Mandiri Tunas Finance Tahap I Tahun 2023 ini terdiri dari dua seri, yakni seri A dan B. Seri A yang tenornya 3 tahun, menawarkan kisaran kupon atau tingkat bunga sebesar 5,8-6,6 persen. “Sementara seri B dengan tenor 5 tahun menawarkan tingkat bunga sebesar 6,10-6,95 persen,” ujarnya.

Pinohadi menjelaskan, dana segar hasil penerbitan Obligasi Berkelanjutan VI Mandiri Tunas Finance Tahap I Tahun 2023 itu, nantinya akan digunakan sebagai modal kerja Perseroan untuk pembiayaan kendaraan bermotor.

Bank Mandiri Pastikan Likuiditas Solid di Tengah Gejolak Iran-Israel

“Sebagaimana yang ditentukan oleh izin yang dimiliki Perseroan, berdasarkan ketentuan dan peraturan-undangan yang berlaku,” kata Pinohadi. 

Dia mengaku, langkah ini merupakan salah satu inisiatif untuk pertumbuhan bisnis MTF kedepannya. Dimana, pada tahun lalu MTF berhasil mencetak kinerja cemerlang, dengan mencatatkan keuntungan mencapai Rp 750 miliar.

"Atau tumbuh sebesar 205,11 persen, dan tahun ini MTF optimis dapat mencetak kinerja cemerlang kembali," ujarnya.

Buktinya, Mandiri Tunas Finance telah memperoleh hasil pemeringkatan surat utang jangka panjang dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo), yaitu peringkat idAAA. MTF memiliki sertifikasi korporasi idAAA stabil, karena dukungan yang kuat dari induknya yang memiliki posisi bisnis, likuiditas, dan fleksibilitas keuangan yang kuat. 

Untuk mendukung aksi korporasi ini, Mandiri Tunas Finance telah menunjuk penjamin pelaksana emisi obligasi yaitu PT Mandiri Sekuritas dan PT Trimegah Sekuritas. Sementara itu, MTF menunjuk PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) untuk bertindak sebagai wali amanat. Finance telah menunjuk penjamin pelaksana emisi obligasi yaitu PT Mandiri Sekuritas dan PT Trimegah Sekuritas. Sementara itu, MTF menunjuk PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk ( BBRI ) untuk bertindak sebagai wali amanat. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya