Perum PPD Digabung ke Damri, Ini Harapan Wamen BUMN

Wakil Menteri BUMN II, Kartika Wirjoatmodjo.
Sumber :
  • Dok. BUMN

Jakarta – Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2023 tanggal 6 Juni 2023 tentang Penggabungan Perum PPD ke Dalam Perum Damri. Hal ini merupakan prakarsa dari Menteri BUMN sehingga Perum Damri resmi menjadi satu-satunya Perusahaan Umum Berbasis Jalan Milik Negara. 

Heru Budi Kunker ke Jepang, Harap Proyek MRT East-West Groundbreaking Agustus

Wakil Menteri BUMN II, Kartika Wirjoatmodjo atau Tiko menjelaskan, penggabungan Perum PPD ke dalam Perum Damri ini dilakukan sebagai upaya penguatan kinerja perusahaan, guna memperkuat daya jangkau dan memperluas jaringan dalam meningkatkan konektivitas transportasi nasional.

"Penggabungan ini merupakan inisiatif Kementerian BUMN, sebagai upaya penguatan untuk meningkatkan aksesibilitas terhadap mobilitas masyarakat dan konektivitas nasional. Sekaligus menciptakan nilai tambah (value creation) dan keberlanjutan bagi perusahaan BUMN," kata Tiko dalam keterangannya, Senin, 19 Juni 2023.

IDSurvey: BUMN Perlu Adaptif Hadapi Gejolak Ekonomi yang Tidak Stabil

Bus listrik Damri

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

Tiko berharap, ke depannya Perum Damri dapat bekerja secara lebih efisien dan produktif. Baik dalam menjalankan bisnisnya secara komersial, maupun dalam fungsinya sebagai kepanjangan tangan Pemerintah dalam memberikan layanan mobilitas masyarakat di daerah Tertinggal, Terpencil, Terluar , dan Perbatasan (3 TP).

Bus Hino RM 280 ABS Jadi Andalan di Kalimantan Tengah

“Hal tersebut tentunya untuk menjaga milestone nilai penciptaan nilai, yang telah menjadi target pasca-penggabungan ini,” ujar Tiko.

Selain itu, Perum Damri juga diharapkan bekerja sama dan meningkatkan integrasi multimoda dengan perusahaan moda transportasi lain, sehingga dapat menjadi feeding system akselerator . Misalnya seperti kepada Bis, Kereta Api, Kereta Cepat, MRT, LRT, dan bahkan Pesawat Udara.

“Sebagai national flag carrier dalam industri transportasi umum berbasis jalan, Perum Damri diharapkan juga mampu mendorong pemerataan pertumbuhan ekonomi melalui pelayanan masyarakat yang berkualitas yang dapat menciptakan multiplier effect di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Direktur Utama Perum Damri , Setia N. Milatia Moemin menyampaikan, dengan penggabungan ini maka tujuan besar pemerintah untuk meningkatkan konektivitas nasional dapat terwujud. Khususnya untuk mendukung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi nasional, meningkatkan dan mengembangkan kapasitas penyelenggara jasa transportasi jalan yang berkelanjutan, serta menyediakan layanan transportasi yang terstandarisasi guna meningkatkan kepuasan bagi pelanggan.

" Terwujudnya penggabungan PPD-Damri ini semoga dapat memberikan manfaat yang besar bagi perekonomian di Tanah Air. Serta memberikan optimisme kepada masyarakat Indonesia, bahwa transportasi nasional akan terus berkembang dan pada akhirnya dapat bersaing di pasar domestik dan global,” ujar Setia.

“Kami memohon dukungan dan kerja sama agar DAMRI dapat mewujudkan visinya menjadi perusahaan transportasi jalan kelas dunia yang pelaksanaannya unggul dan berkelanjutan, dengan memberikan pelayanan nasional yang berkualitas bagi pelanggan untuk mendukung konektivitas,” ujarnya .

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya