Efisienkan Energi dan Mitigasi Gas Rumah Kaca, Medco Energi-PLN Teken Perjanjian Jual Beli Listrik

MedcoEnergi dan PLN teken perjanjian jual beli listrik.
Sumber :
  • Dok. Medco Energi.

Banjar Baru – Medco Energi Bangkanai Limited (MedcoEnergi) dan PT PLN (Persero) menandatangani perjanjian jual beli tenaga listrik dan pembangunan instalasi listrik pelanggan di Bangkanai. Pada perjanjian ini PLN akan memasok listrik sebesar 865 KVA untuk operasional MedcoEnergi.

PLN IP Targetkan Perdagangan Karbon Naik 2 Kali Lipat dari 2,4 Juta Ton CO2 di 2023

VP Relations & Security Medco E&P Arif Rinaldi mengatakan MedcoEnergi berinisiatif mengalihkan pasokan listrik Fasilitas Pemrosesan Gas Karendan (KGPF) Bangkanai dari gas engine generator ke PLN yang akan menyuplai listrik. Pemanfaatan pasokan listrik merupakan komitmen MedcoEnergi dan PLN untuk terus melakukan mitigasi emisi Gas Rumah Kaca (GRK) serta upaya pencapaian target produksi minyak dan gas nasional yang ditetapkan pemerintah.

Hal ini merupakan salah satu upaya MedcoEnergi dalam memastikan keberlangsungan bisnis dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada secara bertanggung jawab dan memastikan lingkungan hidup di sekitarnya senantiasa terjaga. Inisiatif ini juga akan meningkatkan efisiensi biaya operasi kilang MedcoEnergi di Bangkanai.

Kementerian ESDM Ajak Masyarakat Konversi Motor BBM ke Listrik Gratis, Begini Caranya

Arif mengatakan, langkah-langkah perusahaan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca adalah dengan mengurangi penggunaan energi sehingga meningkatkan efisiensi operasional aset dan juga meningkatkan pemakaian energi dari sumber energi terbarukan.

“Hal ini tercermin dalam pencapaian berbagai inisiatif pengurangan emisi GRK di aset-aset pada 2022, dengan estimasi pengurangan mencapai 79.000 tCO2e/tahun,” ujar Arif disela penandatanganan perjanjian jual beli antara PLN dan MedcoEnergi di Kantor PLN Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan tengah, di Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan, Jumat, 7 Juli 2023.

Waktu Pendaftaran Mahasiswa Baru Institut Teknologi PLN Tahun 2024/2025 Diperpanjang

Infrastruktur listrik PLN

Photo :
  • Dok. PLN

Penandatanganan perjanjian jual beli dilakukan oleh General Manager PT PLN (Persero) UID Kalselteng Muhammad Joharifin dan General Manager Kalimantan Region Medco E&P Luki Tjahjadi.

Bisa Kurangi Emisi CO2

Menurut Arif, melalui kerja sama ini, MedcoEnergi Bangkanai Limited dapat melakukan pengurangan emisi CO2 sebanyak 2.708 tCO2e/tahun. Selain itu, inisiatif ini juga menghemat penggunaan fuel gas dan menjadikan sales gas sebesar 0,15 bbtud. 

MedcoEnergi Bangkanai Limited adalah pemegang Participating Interest bersama PT Saka Bangkanai Klemantan untuk Blok Bangkanai. MedcoEnergi sebagai operator dalam pengelolaan blok migas ini. 

Pada kesempatan yang sama, General Manager, PLN UID Kalselteng M. Joharifin, mengatakan PLN siap untuk memberikan pasokan tenaga listrik untuk Medco Energi Bangkanai yang akan menjadi salah satu pelanggan Tegangan Menengah di Kalimantan Tengah.

"Kami berharap kontribusi kami akan menimbulkan efek domino dari penyerapan tenaga kerja lokal, peningkatan pendapatan asli daerah serta mendongkrak ekonomi secara Nasional," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya