Daftar Harga Pangan yang Naik dan Turun di Padang Panjang pada Pekan Pertama Juli 2023

Ilustrasi harga pangan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Padang Panjang – Kabag Perekonomian dan Sumberdaya Alam Setdako Padang Panjang, Sumatera Barat, Putra Dewangga merilis sebanyak 14 komoditi mengalami fluktuasi harga pada minggu pertama Juli 2023. Enam di antaranya mengalami penurunan harga dan delapan komoditi lainnya mengalami kenaikan harga.

Daftar Harga Pajero Sport Bekas dan Pajak Tahunannya

"Komoditas utama yang mengalami kenaikan harga di antaranya, cabai merah, bawang merah dan bawang putih, namun ketersediaannya cukup di Pasar Pusat Padang Panjang," kata Putra Dewangga, Senin, 10 Juli 2023.

Putra menyebut, penyebab kenaikan harga secara umum disebabkan jumlah pasokan berkurang jika dibandingkan pada minggu-minggu sebelumnya. Khusus untuk cabai merah dan bawang merah, disebabkan karena masa panen yang mulai habis.

Terpopuler: Harga Bekas dan Pajak Tahunan Avanza Veloz, 2 Mobil Keren Mazda di China

"Meski demikian, harga-harga tersebut masih berada dalam rentang harga acuan penjualan yang ditetapkan Badan Pangan Nasional (Bapanas)," ujar Putra.

Ilustrasi-Cabai merah

Photo :
  • ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman
Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

Putra merinci, untuk komoditi cabai merah naik dari Rp 36.500 per kilogram menjadi Rp 40 ribu per kilogram. Bawang merah dari Rp 33.750 per kilogram menjadi Rp 37.625 per kilogram. Sementara, bawang putih dari Rp 37 ribu menjadi Rp 40 ribu per kilogram.

Selain tiga komoditi itu kata Putra, juga turut naik harga wortel dari semula Rp 12 ribu per kilogram menjadi Rp 15 ribu per kilogram. Telur ayam kampung dari Rp 62.100 per kilogram menjadi Rp 69 ribu per kilogram. Cabai hijau dari Rp 27 ribu per kilogram menjadi Rp 32.250 per kilogram. Cabai rawit dari Rp 30 ribu per kilogram menjadi Rp 32.750 per kilogram. Bawang daun dari Rp 15 ribu per kilogram menjadi kini menjadi Rp 19 ribu per kilogram.

Sementara, kata Putra, komoditas utama yang alami penurunan harga di antaranya daging ayam broiler, minyak goreng kemasan dan minyak goreng curah.

Daging ayam broiler turun dari Rp 30.500 per kilogram menjadi Rp 30 ribu per kilogram. Minyak goreng kemasan sederhana dari Rp 17.750 per kilogram menjadi Rp 17.250 per kilogram. Minyak goreng curah dari Rp16 ribu per kilogram menjadi Rp 15.500 per kilogram.

Dan, telur ayam broiler dari Rp 30.500 per kilogram menjadi Rp 30 ribu per kilogram. Sawi bola dari Rp 12 ribu per kilogram menjadi Rp 7 ribu per kilogram. Buncis dari Rp 26 ribu per kilogram menjadi Rp 15 ribu per kilogram. Serta, terong dari Rp 10 ribu per kilogram menjadi Rp 8 ribu per kilogram.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya