Dorong Efisiensi Bisnis, Peruri Gandeng Paper Id Luncurkan E-Invoice

Gedung peruri.
Sumber :
  • istimewa

Jakarta - Perum Peruri bekerja sama dengan Paper.id meluncurkan layanan e-invoice atau invoice digital yang berada dalam platform Peruri Shield. Kerja sama itu ditandai dengan penandatanganan Strategic Partnership.

Soal Utang Rafaksi Minyak Goreng ke Pengusaha, Kemendag: Mudah-mudahan Mei Selesai

Adapun Peruri merupakan BUMN yang dipercaya dan ditunjuk Pemerintah untuk menyediakan layanan e-meterai. Sedangkan Paper.id sebagai perusahaan penyedia teknologi e-invoicing.

“Kami bangga terhadap kerja sama dengan Paper.id dalam menciptakan e-invoice yang revolusioner. Melalui teknologi terdepan dan fitur-fitur yang canggih, e-invoice akan memberikan efisiensi maksimal serta langkah yang luar biasa bagi dunia bisnis,” kata Head of Digital Peruri, Farah Fitria dalam keterangan Kamis, 13 Juli 2023.

Prudential Indonesia Bayarkan Klaim Asuransi 17 Triliun Selama 2023

Kerja Sama Peruri dan Peper Id.

Photo :
  • Dokumentasi Peruri.
Menurutnya, dengan menggabungkan kelebihan masing-masing pihak dalam hal teknologi sertifikasi,
IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...
compliance, invoicing dan pembayaran. Kolaborasi ini menyederhanakan proses pembuatan invoice/faktur secara digital yang dilengkapi tanda tangan elektronik tersertifikasi dan e-meterai dalam satu platform.

"Dengan begitu, perusahaan dapat membuat, mengirim, dan mengatur invoice secara digital, mengeliminasi penggunaan kertas fisik serta mengurangi biaya pengiriman dokumen dan penagihan," jelasnya.

Dia menuturkan, solusi digital dari Peruri dan Paper.id menghadirkan e-invoice yang telah terintegrasi dengan e-meterai dengan memanfaatkan teknologi Certificate Authority dan Track and Trace. Hal ini dapat membantu mengurangi kesalahan manusia dan memudahkan bisnis dalam melakukan monitoring penagihan dan pembayaran, serta menjamin keaslian dokumen elektronik yang ditransaksikan.

"Bagi para pebisnis yang ingin mengimplementasikan layanan e-invoice dari Paper.id dan Peruri, dapat melakukan tiga langkah mudah yaitu melengkapi form/invoice penagihan, pembubuhan tanda tangan elektronik dan pembubuhan e-meterai, selanjutnya e-invoice akan secara otomatis terkirim kepada email client. Semua ini dapat dilakukan secara seamless melalui sistem Peruri Shield," jelasnya.

Peruri tunjukkan pengamanan pada uang rupiah

Photo :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

Peruri tunjukkan pengamanan pada uang rupiah

Photo :
Dia menilai, inovasi tersebut menandakan langkah penting dalam transformasi digital perusahaan-perusahaan di Indonesia. Dengan kombinasi peningkatan teknologi dan
compliance
terhadap peraturan, perusahaan dapat memaksimalkan proses operasional bisnis dalam hal
invoicing
dan pembayaran, hingga akhirnya dapat fokus untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

Sementara itu, CEO & Co-founder dari Paper.id, Yosia Sugialam mengungkapkan bahwa Peruri dan Paper.id selama ini sudah berpartner dengan sangat baik.

"Peluncuran kerja sama e-invoice pada platform Peruri Shield bertujuan untuk mempercepat adopsi digitalisasi proses penagihan dan pembayaran Business to Business (B2B). Semoga dalam waktu dekat kita bisa segera melihat di Indonesia, proses tukar faktur secara mayoritas menjadi berbasis digital," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya