Rukun Raharja Raup Laba Bersih Rp 149 Miliar di Semester I-2023, Intip Sumber Cuannya

Rukun Raharja.
Sumber :
  • Dokumentasi Rukun Raharja.

Jakarta - Emiten migas PT Rukun Raharja Tbk (RAJA) berhasil membukukan laba bersih US$9,9 juta di sepanjang Semester I-2023, atau sekitar Rp 149,49 miliar (asumsi kurs Rp 15.100 per US$).

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Direktur Utama Rukun Raharja, Djauhar Maulidi mengatakan, capaian itu naik sekitar 195 persen secara year on year (yoy), dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya yang hanya sebesar US$3,3 juta.

"Pendapatan bersih naik 32 persen menjadi US$73,8 juta, dari US$56 juta pada periode yang sama di tahun sebelumnya," kata Djauhar dalam keterangannya, Selasa, 1 Agustus 2023.

BTN Cetak Laba Bersih Rp 860 Miliar di Kuartal I-2024, Penyaluran Kredit Tembus Rp 344,2 Triliun

Dia menjelaskan, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kenaikan ini, di antaranya yakni penambahan pelanggan atau customer baru yang mendorong kenaikan penjualan gas.

PT Rukun Raharja Tbk (RAJA) cetak peningkatan laba bersih di kuartal III-2022.

Photo :
  • Dok. Rukun Raharja.
27 Korban Penipuan Investasi Rp52 Miliar Geruduk Rumah Orang Tua Pelaku di Tasikmalaya
Ada pula kenaikan tolling fee, baik dari pipa gas eksisting perseroan maupun pipa minyak mentah Rokan, yang saat ini sudah full stream.

"Serta kontribusi dari investasi di bidang hulu migas yang cukup tinggi, karena harga minyak mentah dunia yang cukup stabil pada semester I-2023 ini," ujarnya.

Direktur Keuangan Rukun Raharja, Oka Lesmana menambahkan, sampai dengan Juni 2023, penyerapan belanja modal (capex) mencapai US$32 juta, atau sebesar 63 persen dari total yang sudah dianggarkan.

Penggunaan belanja modal tersebut dilakukan untuk penyertaan/investasi perseroan pada salah satu blok minyak di Sumatera, dan pembangunan stasiun induk CNG di Jawa Tengah.

"Juga untuk pembangunan pipa bagi customer baru yang berada di Propinsi Riau, dan joint study untuk proyek pengelolaan minyak dan gas di Blok Jabung Tengah, Provinsi Jambi," ujar Oka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya