Demi Keberlanjutan Bisnis Logistik Maritim, PIS Teken MoU Lestarikan Laut

Direktur Utama PIS Yoki Firnandi.
Sumber :
  • Dokumentasi PIS.

Jakarta - Pertamina melalui PT Pertamina International Shipping (PIS) meneken MoU kerja sama dengan Pertamina Foundation, bertajuk Kerja sama Pelaksanaan Solusi Berbasis Alam dan Karbon Biru (Nature Based Solution dan Blue Carbon).

Kemenhub Gandeng PT BKI Rawat Kapal Negara Kenavigasian

Chief Executive Officer (CEO) PIS, Yoki Firnandi mengatakan, langkah kolaborasi ini merupakan upaya menjaga kelestarian laut Indonesia, guna mendukung implementasi Net Zero Emission (NZE) serta Environmental, Social, and Governance (ESG) PIS.

"Sesuai dengan visi PIS untuk menjadi perusahaan logistik maritim terkemuka di Asia, maka menjadi bentuk kepedulian perusahaan untuk turut menjaga keberlanjutan dan kelestarian lautan Indonesia," kata Yoki dalam keterangannya, Jumat, 4 Agustus 2023.

Banyak yang Minat Jadi Beautypreneur, Industri Kecantikan Nasional Makin Berkembang

Dia mengatakan, selain mendorong green shipping dan green cargo, PIS juga berkomitmen mendukung pelestarian laut sebagai blue carbon ecosystem. Diharapkan, upaya ini akan membantu mengurangi dampak perubahan iklim.

"Termasuk juga konservasi megafauna laut, yaitu hiu paus" ujarnya.

OJK Rilis POJK Atur Penyelesaian Transaksi Efek dan Short Selling hingga Ketentuan Sanksi

Yoki menambahkan, kerja sama pengembanganan inisiatif Nature Based Solution dan Blue Carbon ini, nantinya akan berupa rangkaian kegiatan untuk mendukung komitmen NZE PIS, Pertamina Ocean Warrior, Blue Carbon Ecosystem Restoration, dan Blue Carbon Research Program.

Senada, Presiden Director Pertamina Foundation, Agus Mashud S. Asngari menjelaskan, kolaborasi ini merupakan salah satu langkah awal untuk menjawab tantangan pengembangan energi, yang mendukung upaya dekarbonasi, NZE, dan pelestarian di ekosistem maritim Indonesia.

"Blue Carbon Initiatives kita kolaborasikan dengan berbagai stakeholders. Guna menyerap emisi karbon melalui penanaman 1,4 juta pohon dan membangun konservasi fauna endemik seperti Hiu Paus," ujarnya.

Sebagai informasi, Pertamina Foundation adalah yayasan yang didirikan oleh PT Pertamina (Persero) yang berfokus kegiatan di bidang sosial kemanusiaan, terutama pada peningkatan kualitas pendidikan, pemberdayaan masyarakat, dan lingkungan hidup utamanya new and renewable energy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya