Brand Sepatu Lokal Ini Siap Tembus Pasar Luar Negeri

Ilustrasi UKM pabrik sepatu.
Sumber :
  • dell.com

Semarang –  Industri sepatu di Indonesia kini mampu mencatatkan namanya di kancah internasional berkat desain yang unik dan kualitas setara. Salah satunya, sepatu merk Speed yang kini tengah menjadi perhatian publik.

Akses Hunian Terjangkau dengan Teknologi Digital

Pendiri Speed, Robin S mengatakan, Speed berencana untuk meluncurkan produk sneakers dengan harga terjangkau sekitar Rp 99.000 pada September 2023 mendatang.  

"Dengan permintaan yang terus meningkat, kami optimis untuk mengembangkan pasar di luar negeri melalui strategi penjualan daring dan membuka gerai fisik di beberapa negara, terutama di wilayah ASEAN," kata Robin dalam keterangan Senin, 7 Agustus 2023.

Saleh Husin Pertahankan Disertasi Doktor di UI, Fokus pada Hilirisasi Industri Sawit

Robin menuturkan, Speed kini telah membuka gerai fisik di beberapa kota besar di Tanah Air dan menjalin kerja sama dengan merek lain.

Pekerja memproduksi sepatu untuk diekspor (foto ilustrasi).

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Jepang dan Inggris Resesi Ekonomi, Kinerja Ekspor RI Diproyeksi Bakal Ikut Loyo

"Speed bertekad untuk terus menorehkan prestasi sejajar dengan merek-merek Indonesia lainnya yang telah sukses menembus pasar internasional dan mengharumkan nama Indonesia di tingkat global," jelasnya.

Perlu diketahui, Speed adalah merek sepatu asal Semarang, Indonesia, yang didirikan pada tahun 2019 oleh Robin S, seorang pengusaha berusia 29 tahun.

"Ide mendirikan Speed berasal dari keprihatinan melihat teman-teman di sekitar saya kesulitan membeli sepatu sepak bola merek luar negeri seperti Nike dan Adidas karena harganya yang terlalu mahal," ujarnya.

Berawal dari toko fisik di Semarang dengan keterbatasan Sumber Daya Manusia, Speed menghadapi tantangan berat akibat dampak pandemi.

Namun jelas dia, dengan semangat pantang menyerah, Speed bangkit dengan cepat berkat kerja sama dengan beberapa pemain dan tim sepak bola serta dukungan pada kegiatan sepak bola dan futsal di berbagai kota di Indonesia. Hal ini menjadi salah satu faktor kunci yang membantu memperkuat citra Speed di tingkat nasional. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya