Renovasi 4 Stadion Piala Dunia U-17, Menteri Basuki: Enggak Lebih dari Rp 100 Miliar

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Ketum PSSI sidak rumput Stadion JIS
Sumber :
  • Ist

Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bakal menggelontorkan anggaran tidak lebih dari Rp 100 miliar, untuk persiapan Piala Dunia U-17 2023. 

Menhub dan Menkes Ikut Pindah ke IKN Juli 2024, Basuki: Menkeu Belum 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menjelaskan, dana yang berasal dari sisa hasil lelang tahun 2023 Kementerian PUPR itu, akan dialokasikan untuk merenovasi 4 stadion. Empat stadion tersebut yakni Jakarta International Stadium (JIS), Jalak Harupat Bandung, Gelora Bung Tomo Surabaya, dan Manahan Solo.

"Ini kan cuma renovasi, yang empat (stadion) tadi, enggak terlalu besar. Kira-kira enggak lebih dari Rp 100 miliar. Kita punya sisa-sisa tender tahun ini," kata Basuki di kantornya, Rabu, 9 Agustus 2023.

Progres Pembangunan Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 1 Capai 83,85 Persen

Jakarta Internasional Stadium (JIS) atau Stadion JIS di Jakarta Utara

Photo :
  • Stadion JIS

Dia mengatakan, dana terbesar dialokasikan untuk membangun jembatan penyeberangan orang (JPO), dari JIS menuju kawasan Ancol, yang menghabiskan anggaran sekitar Rp 80 miliar. "Kami membangun jalan, jembatan orang yang menuju ke parkir di Ancol sepanjang 430 meter, lebar 5 meter," ujarnya.

Jokowi: Jalan Inpres Gorontalo Penting untuk Tingkatkan Konektivitas Daerah

Selain membangun JPO, pemerintah juga meminta bantuan Jusuf Hamka melalui perusahaannya PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP), untuk membangun jalan penghubung (ramp) tol menuju JIS.

"Sehingga dari ramp tol bisa menyusuri Danau Cincin untuk menuju ke JIS. Itu bagian tugasnya," kata Basuki.

Selain di JIS, Basuki mengatakan bahwa pihaknya juga mendapat tugas untuk mengerjakan lapangan tambahan. Gelaran Piala Dunia U-17 nantinya juga akan memanfaatkan GOR Soemantri Brodjonegoro dan Lapangan Banteng, sebagai lapangan tambahan.

"Kemudian untuk lapangan tambahan, Soemantri Brodjonegoro, Lapangan Banteng ada beberapa catatan dari FIFA yang musti kita lakukan. Mulai dari rumputnya juga, kamar gantinya, lampunya, dan ada 6-7 item itu semua akan dikerjakan PUPR," kata Basuki.

"Di Bandung ada dua tambahan, ITB dan Arcamanik. Itu beberapa catatan yang harus kita kerjakan, hampir sama, karena stadion itu-itu juga itemnya.Di Surakarta akan ditambah lagi tempat latihan, di Blulukan dan UNS. Insya Allah akan selesai pada saatnya nanti, karena 10 November akan dimulai U-17," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya