Pemerintah Siapkan Anggaran KUR Alsintan Rp 5 Miliar untuk Petani Hadapi El Nino

Ilustrasi lahan pertanian.
Sumber :

Jakarta – Pemerintah bakal menyiapkan bantuan kepada petani atas adanya fenomena El Nino atau kemarau panjang, berupa Kredit Usaha Rakyat (KUR) Alat dan mesin pertanian (Alsintan). Pemerintah pusat dalam hal ini menyiapkan anggaran sebesar Rp 5 miliar. 

Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,11 Persen, Airlangga: Tertinggi Sejak 2015

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Penganugerahan KUR Award, yang di hadiri oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi. 

"KUR alsintan bagi kelompok pertanian sudah kita siapkan, apalagi presiden tadi memberikan tanggapan menghadapi El Nino yang panjang. Sehingga pak gubernur kita siapkan sampai Rp 5 miliar untuk kelompok tani," kata Airlangga di Pos Bloc, Jakarta Rabu, 9 Agustus 2023.

Wakili Indonesia di OECD, Menko Airlangga Bahas Tiga Isu Penting Ini

Pemprov Jateng Siapkan Cadangan Pangan Guna Antisipasi El Nino

Photo :
  • Pemprov Jateng

Airlangga mengatakan, dengan akan adanya bantuan KUR alsintan itu diharapkan para pemimpin daerahnya untuk mendorong ketersedian pangan di wilayahnya masing-masing.

Airlangga: Negara Anggota OECD Akui Leadership RI di ASEAN dan G20

"Pak Wagub ini bisa di dorong, terutama wilayah Lampung Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan sukses menjadi lumbung beras nasional," kata dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kementerian dan lembaga pemerintah mengantisipasi dampak El Nino, termasuk kemungkinan terjadi kemarau panjang yang menyebabkan kekeringan dan mempengaruhi perekonomian nasional.

"Antisipasi potensi musim kemarau panjang akibat El Nino," kata Presiden saat menyampaikan pengantar dalam Sidang Kabinet Paripurna Laporan Semester 1 Pelaksanaan APBN Tahun 2023.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto

Photo :
  • Kemenko Perekonomian

Presiden mengatakan, pasokan air lebih dari 5.000 embung dan 38 bendungan yang sudah dibangun oleh pemerintah harus dikelola dengan baik untuk menghadapi dampak El Nino.

Dia mengingatkan pentingnya menekan risiko kebakaran hutan dan lahan selama musim kemarau. Selain itu, Presiden meminta kementerian dan lembaga menjaga stabilitas politik dan keamanan selama tahapan pelaksanaan pemilihan umum agar pertumbuhan ekonomi nasional tetap baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya