Jokowi Patok Pertumbuhan Ekonomi RI 2024 Capai 5,2 Persen

Pidato Presiden Jokowi Sampaikan RUU APBN 2024
Sumber :
  • Youtube Sekretariat Presiden

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2024 sebesar 5,2 persen. Hal itu seiring dengan stabilitas ekonomi makro yang akan terus terjaga.

MKD Pastikan Pelat DPR di Mobil Alphard Tempat Brigadir RAT Bunuh Diri Palsu

"Pertumbuhan ekonomi 2024 diperkirakan sebesar 5,2 persen," ujar Jokowi dalam Sidang Paripurna DPR RI Tentang RAPBN 2024 Beserta Nota Keuangan di Kompleks DPR RI, Rabu, 16 Agustus 2023.

Kepala Negara menuturkan, untuk inflasi akan tetap dijaga pada kisaran 2,8 persen pada 2024. Hal itu seiring dengan peran Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang akan tetap dioptimalkan untuk memitigasi tekanan inflasi.

Pengakuan Prabowo Dibantu Jokowi Persiapkan Diri Jelang Pelantikan Presiden Bulan Oktober

"Baik akibat perubahan iklim maupun gejolak eksternal," jelasnya.

Pidato Presiden Jokowi Sampaikan RUU Anggaran Pendapatan dan APBN 2024

Photo :
  • Youtube Sekretariat Presiden
Ketua DPW PPP se-Indonesia Solid Hadapi Pilkada 2024, Mardiono: Kita Bangkit Kembali

Adapun untuk nilai tukar rupiah Pemerintah mematok di angka Rp 15.000 per dolar AS. Sedangkan rata-rata suku bunga Surat Berharga Negara 10 tahun diprediksi pada level 6,7 persen.

"Koordinasi anggota Komite Stabilitas Sektor Keuangan akan selalu antisipatif dan responsif dalam menghadapi potensi gejolak eksternal," ujarnya.

Jokowi mengatakan, untuk harga minyak mentah Indonesia (ICP) pada RAPBN 2024 diperkirakan berada pada US$80 dolar AS per barel.

"Di sisi lain, lifting minyak dan gas bumi diperkirakan masing-masing mencapai 625 ribu barel per hari dan 1,03 juta barel setara minyak per hari," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya