Canda Menteri Basuki Enggan Ajak Sri Mulyani ke IKN Kalau Pakai Baju Pink

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri Keuangan Sri Mulyani yang mengenakan baju pink. (tengah)
Sumber :
  • Dok. PUPR

Jakarta – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono bergurau soal baju pink yang dikenakan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat menghadiri acara Nota Keuangan dan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2024.

Sri Mulyani Buka Suara soal Harga Sepatu Rp 10 Juta Kena Pajak Rp 31 Juta

Basuki mengatakan, Sri Mulyani menyatakan protesnya kepada dia karena tidak pernah diajak mengunjungi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Sebab, pada 2024 direncanakan ibu kota akan resmi pindah ke IKN, Kalimantan Timur.

"Saya tadi diprotes Ibu Menkeu kok enggak pernah diajak ke lapangan? Soalnya kalau ke lapangan pakai baju pink kan enggak enak juga," ujar Basuki di Kantor Pusat Pajak, Jakarta, dikutip Kamis, 17 Agustus 2023.

Sri Mulyani Buka Suara soal Warga Beli Sepatu Rp10 Juta, Kena Pajak Rp31 Juta

Merespons hal itu, Sri Mulyani berjanji tidak akan mengenakan baju warna pink jika di ajak ke lapangan oleh Basuki. 

"Jadi kalau saya nanti ke sana (IKN), saya janji enggak pakai baju pink," ucapnya. 

Minister Predicts Economic Growth to Reach 5.17 Percent in 2024 Q1

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Photo :
  • Dok. PUPR

Adapun pada kesempatan itu, Basuki juga memaparkan progres dari pembangunan IKN. Dia menjelaskan, pembangunan infrastruktur di IKN kini sudah 30 persen. Sedangkan untuk pembangunan jalan tol ditargetkan selesai pada 2024 mendatang.

"Kalau kayak Bendungan Sepaku Semoi itu akhir tahun ini sudah selesai, sudah  diisi airnya. Sekarang baru mau mulai water treatment plant ya," jelasnya.

Basuki mengatakan, untuk pembangunan 47 tower hunian bagi ASN, TNI, dan Polri akan dimulai pada bulan September 2023. Dalam hal ini ditargetkan 12 tower akan selesai dibangun pada Juli 2024.

"Termasuk Masjid Negara IKN sudah juga mulai di bangun,  kantor presiden, 4 kantor Kemenko, Kemudian Mensesneg juga akan selesai pada tahun 2024. Termasuk lapangan untuk upacara yang akan kita siapkan aku mudah-mudahan Juni sudah bisa selesai," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya