Negara ASEAN Kumpulkan Rp 269 Miliar Guna Antisipasi Pandemi

Menkes Budi Gunadi Sadikin dan Elon Musk.
Sumber :
  • Kemkes

Jakarta – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, negara-negara di ASEAN berhasil mengumpulkan ASEAN Response Fund atau Dana Pandemi ASEAN sebesar US$17,7 juta atau Rp 269 miliar (asumsi kurs Rp 15.252 per dolar AS).

Deretan Negara Asia Tenggara yang Berbentuk Republik

Budi mengatakan, dari dana yang sudah terkumpul itu sebagian telah digunakan untuk membeli vaksin sebagai respons atas pandemi COVID-19.

"Kemarin itu sudah ada untuk COVID-19 ASEAN Fund for COVID-19 itu sekitar US$17,7 juta, kemarin sudah dipakai sebagai untuk vaksin," kata Menkes di Hotel Mulia Senayan, Jakarta, Kamis, 24 Agustus 2023.

Menggenggam Kilau Emas, Kisah Inspiratif Yoki Hardian Tenggara

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, The Interview

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Adapun dari dana yang terkumpul itu masih tersisa sebesar US$10 juta. Menkes mengatakan, dari sisa dana itu akan diperluas untuk menghadapi jika ada pandemi selanjutnya

Terbang ke Negara Asia Tenggara Lebih Hemat Pakai ASEAN Explorer Pass, Apa Itu?

"Ini kan hanya khusus untuk COVID, nah sekarang di meeting ini kita usulkan agar sisa uangnya di expand jadi bukan hanya untuk COVID. Tapi bisa juga untuk future pandemi," jelas dia.

Sebelumnya, pada pertemuan ASEAN yang dilakukan pada Maret 2023 di Bali, Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu, Febrio Nathan Kacaribu mengungkapkan bahwa dana yang sudah terkumpul US$15 juta.

Perlu diketahui, untuk negara-negara yang tergabung dalam ASEAN diantaranya Indonesia, Vietnam, Thailand, Singapura, Filipina, Myanmar, Malaysia, Laos, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya