Resmikan SPAM Mebidang Senilai Rp 948 M, Jokowi: Penuhi Kebutuhan Air Bagi 440 Ribu Jiwa

Presiden Jokowi dan jajaran meninjau proyek kereta cepat Jakarta-Bandung
Sumber :
  • VIVA/Anwar Sadat

Binjai – Presiden Jokowi meresmikan Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) Mebidang di Binjai, Sumatera Utara. Fasilitas penyedia dan penyalur air bersih ini dibangun dengan anggaran Rp 948 miliar.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Presiden mengatakan, terdapat 3 wilayah yang bakal dialiri air bersih berkapasitas 1.100 liter air per detik dari SPAM Mebidang, yakni mulai dari Medan, Binjai, hingga Deli Serdang. 

"Hari ini telah selesai SPAM di Medan, Binjai, Deli Serdang, hasil kerja sama Pemerintah Pusat, Provinsi, dan Kabupaten, yang menelan anggaran Rp 948 miliar," kata Jokowi dalam telekonferensi di YouTube Sekretariat Presiden, Jumat, 25 Agustus 2023.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Dengan selesainya pembangunan SPAM Mebidang ini, Presiden pun berpesan kepada pemerintah daerah di Sumatera Utara yakni Gubernur, Bupati, hingga Wali Kota, untuk segera menyalurkan air bersih dari SPAM Mebidang langsung ke rumah-rumah warga.

Presiden Jokowi tinjau pembangunan infrastruktur di IKN

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden
KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Jokowi menjelaskan, SPAM Mebidang ini didesain agar bisa menyalurkan air bersih ke 88 ribu saluran rumah tangga. Di mana, sekitar puluhan ribu saluran tersebut apabila dilihat dari jumlah penduduknya, total seluruhnya bisa mencapai 440 ribu jiwa.

"Saya minta Gubernur, Bupati, dan Wali Kota agar menindaklanjuti sambungan ke rumah tangga, karena menyangkut 88 ribu saluran rumah tangga. Karena pembangunan SPAM ini, kalau dijiwakan bisa mencapai 440 ribu jiwa, sangat besar sekali," ujar Jokowi.

Selain itu, Presiden juga mengatakan untuk segera meresmikan Jembatan Aek Tanu Ponggol di Samosir, yang dibangun dengan anggaran mencapai Rp 157 miliar.

"Dengan panjang bentangnya yang mencapai 294 meter, bentang utama 9 meter, dan lebar 8 meter," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya