Jokowi: Saya Pesan ke Presiden Berikutnya Jangan Hentikan Hilirisasi, Rugi Besar

Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Sumber :
  • Anisa Aulia/VIVA.

Tangerang – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada presiden selanjutnya untuk tidak menghentikan program hilirisasi. Sebab, jika program itu dihentikan akan membuat Indonesia mengalami rugi besar. 

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

"Nanti akan saya pesan ke presiden berikutnya jangan sampai menghentikan hilirisais rugi besar," ujar Jokowi dalam Rakernas HIPMI ke-XVIII di, Tangerang, Banten, Kamis, 31 Agustus 2023. 

Jokowi mengatakan, berdasarkan hitungan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas melalui hilirisasi komoditas andalan, selama 10 tahun pendapatan per kapita Indonesia menjadi US$10.900. 

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Sedang dalam waktu 15 tahun lewat hilirisasi pendapatan per kapita menjadi US$ 15.800 dan saat Indonesia Emas (2045) menjadi US$25.000.

Reorganisasi antara MIND ID dan INALUM akan mengakselerasi program hilirisasi

Photo :
  • INALUM
KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

"Inilah tujuan gol kita tidak hanya visi besar tapi kita juga harus memiliki visi taktis itu," jelasnya. 

Jokowi melanjutkan, hilirisasi tidak hanya dilakukan pada nikel, baja, maupun tembaga. Namun, hilirisasi menurutnya harus dilakukan pada seluruhnya tak terkecuali rumput laut

"Saya lihat rumput laut belum dihilirisasikan, kita ini nomor dua di dunia rumput laut. Tapi ekspornya mentahan, kemana ini saya cek ke Filipina, Thailand. Kenapa enggak buat industri sendiri disini," jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya