Begini Cara Tokopedia Bantu Pelaku UMKM di Yogyakarta Meningkat

Hyperlocal Tokopedia Bantu Tingkatkan UMKM Yogyakarta
Sumber :
  • Istimewa

Yogyakarta - Dengan fitur yang dimiliki oleh Tokopedia yaitu Hyperlocal Tokopedia, yang akan memudah pelaku usaha lokal ataua UMKM di Indonesia meningkat.

Para Pecinta Sepak Bola Wajib Tahu, Jersey Klub Favoritmu Cuma Ada di Sini

Dengan fitur tersebut, ketika pengguna Tokopedia menginginkan barang yang ingin dibelinya. Maka akan mengatakan kepada toko terdekat dimana pengguna tinggal. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Divisi Corporate Affairs Tokopedia, Antonia Adega.

Hyperlocal Tokopedia Bantu Tingkatkan UMKM Yogyakarta

Photo :
  • Istimewa
Kisah Haru di Balik Donat Kucing Menggemaskan Krispy Kreme yang Menyentuh Hati

"Hyperlocal Tokopedia terdiri dari berbagai manifestasi. Contohnya, Kumpulan Toko Pilihan (KTP) yang merupakan halaman kurasi produk penjual terdekat dari lokasi pembeli. KTP memungkinkan penjual menjangkau pasar di wilayah sekitarnya dengan lebih mudah," kata Adega.

Selain itu juga, dengan adanya fitur Hyperlocal Tokopedia tingkatkan UMKM makanan dan minum di Yogyakarta. Selain membantu pelaku usaha lokal menciptakan peluang serta mengembangkan bisnisnya,

Stafsus Presiden Jokowi dan Kemenkop UKM Apresiasi Pendampingan UMKM

Hyperlocal Tokopedia juga mempermudah masyarakat di seluruh wilayah di Indonesia mengakses lebih banyak pilihan produk kebutuhan dengan lebih cepat dan efisien. Hyperlocal Tokopedia pun berdampak positif terhadap tren belanja online masyarakat Indonesia.

"Pada kategori produk makanan dan minuman di Tokopedia, hampers makanan (kue kering, coklat, buah), wortel dan beras ketan menjadi beberapa produk paling laris, sepanjang semester I 2023 dibandingkan semester II 2022, dengan rata-rata peningkatan transaksi hampir 2 kali lipat,”Tutur Antonia.

Hyperlocal Tokopedia Bantu Tingkatkan UMKM Yogyakarta

Photo :
  • Istimewa

Khusus di Daerah Istimewa Yogyakarta, beberapa kategori produk paling laris di Tokopedia selama setahun ke belakang, antara lain olahraga dan hobi, fesyen, serta kebutuhan sehari-hari atau groceries (termasuk makanan dan minuman serta perawatan diri).

"Selain itu, di DIY, daging kambing, hampers makanan (kue kering, coklat), beras hitam, cabai hijau dan kopi literan menjadi beberapa produk makanan dan minuman yang paling banyak dibeli melalui Tokopedia, sepanjang semester I 2023 dibandingkan semester II 2022, dengan rata-rata peningkatan penjualan lebih dari 2,5 kali lipat," tutup Antonia Adega.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya