Tren Pembelian Properti Perumahan Semester I-2023 Didominasi Rumah Tapak

Ilustrasi perumahan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Jakarta – Country Manager 99 Group Indonesia, Maria Herawati Manik mengungkapkan, tren pembelian perumahan pada Semester I-2023 masih didominasi oleh rumah tapak sebesar 64,1 persen. Dalam hal ini kelompok usia 25-34 tahun mengalami pertumbuhan tinggi dibandingkan usia lainnya.

Daftar 5 Mobil Listrik Bekas yang Harga Jualnya Tinggi

Maria mengatakan, dari dominasi permintaan rumah tapak itu, diikuti oleh permintaan apartemen 10,4 persen dan tanah sebesar 9 persen.

"Trend pembelian rumah sendiri seperti apa saat ini kalau kita lihat masih didominasi oleh rumah tampak sekitar 64 persen," kata Maria di Kota Kasablanka, Jakarta Selasa, 5 September 2023.

Jumlah Rumah Rusak Akibat Gempa Garut Bertambah Jadi 110

Ilustrasi perumahan.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Maria menuturkan, dari segmen harga pencari properti menyukai rentang harga hunian Rp 400 juta-Rp 1 miliar dan Rp 1-3 miliar.

Hizbullah Tembakan Puluhan Rudal ke Pemukiman di Perbatasan Israel

Dia menuturkan, dari temuan itu memperlihatkan pencari properti dari kelas menengah dan menengah atas cenderung signifikan sepanjang semester I-2023. Mayoritas dari mereka juga didominasi oleh kalangan generasi muda rentang usia 18-44 tahun yang mencapai 70,4 persen.

Ilustrasi pembangunan rumah mendapatkan FLPP.

Photo :
  • VIVA/Dusep Malik

“Jika diamati lebih jauh dengan dibandingkan semester II-2022, kelompok usia 25-34 tahun mengalami pertumbuhan tertinggi dibanding kelompok usia lainnya, mencapai 2,8 persen. Umumnya mereka merupakan kalangan yang baru saja menikah, membangun keluarga baru, sehingga memiliki keinginan untuk mempunyai hunian sendiri," ujarnya.

"Ini dapat mendorong pertumbuhan dalam pencarian properti karena mereka mencari rumah atau tempat tinggal yang sesuai dengan perkembangan kondisi mereka saat ini," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya