Pertamina Beberkan Tiga Agenda Penting Capai Target Transisi Energi

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati
Sumber :
  • Pertamina

Jakarta – Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati mengungkapkan, tiga agenda penting Pertamina untuk mencapai target net zero emission (NZE) pada tahun 2060. Nicke menyatakan, komitmennya untuk terus mendukung target Pemerintah dalam mencapai NZE 2060.

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Pertamina juga memiliki mandat untuk menjaga keamanan dan resiliensi energi dalam menjaga pertumbuhan ekonomi. yang mana itu membutuhkan energi sebagai katalis.

“Pertamina sebagai BUMN memiliki mandat untuk menjaga keamanan dan resiliensi energi. Tapi di sisi lain, kami harus mendukung target pemerintah untuk mencapai nett zero emission,” ujar Nicke dalam ASEAN Indo-Pacipic Forum (AIPF) di Hotel Mulia, Jakarta, Rabu, 6 September 2023.

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati.

Photo :
  • Pertamina

Nicke menjelaskan tiga agenda tersebut. Pertama, Pertamina akan tetap menjaga bisnis dengan metodologi operasi yang berbeda. Hal itu dilakukan dengan melakukan inisiatif untuk dekarbonisasi untuk jangka pendek.

PLN IP Targetkan Perdagangan Karbon Naik 2 Kali Lipat dari 2,4 Juta Ton CO2 di 2023

“Tapi, kami juga memiliki mitigasi untuk jangka panjang. Contohnya untuk bisnis minyak, kami mengembangkan dua agenda utama mengenai aset eksisting kami, mengubah kilang minyak menjadi kilang minyak hijau sehingga kami bisa meningkatkan dan mempercepat bioenergi,” jelasnya. 

Nicke menuturkan, agenda kedua, Pertamina mengintegrasikan kilang dengan industri petrokimia. Ketiga, mengembangkan bisnis zero carbon atau bisnis netral karbon.

“Kita memiliki potensi yang sangat besar di geothermal atau energi panas bumi, juga tenaga hydro, sehingga ada inisiatif netral karbon,” terangnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya