Rupiah Loyo ke Rp 15.330 per Dolar AS pada Kamis Pagi

Pekerja menunjukkan uang Rupiah dan Dolar Amerika Serikat di sebuah tempat penukaran uang di Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Jakarta – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot melemah pada perdagangan Kamis pagi, 7 September 2023. Rupiah melemah sebesar 5 poin atau 0,21 persen ke posisi Rp 15.330 per dolar AS, dibandingkan pada penutupan sebelumnya senilai Rp 15.325 per dolar AS.

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp 15.307 per dolar AS.

Analis PT Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi memperkirakan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS akan ditutup melemah pada hari ini. Dia menuturkan, Indonesia perlu mewaspadai gejolak global, walaupun perekonomian RI tetap tumbuh 5 persen di tujuh kuartal berturut-turut. 

Trade Minister: No Need to Worry about Weakening of Rupiah

"Tahun depan pertumbuhan ekonomi diperkirakan bisa mencapai 5,2 persen, dengan tetap megawasi beberapa isu jangka menengah dan jangka panjang," ujar Ibrahim dalam risetnya Kamis, 7 September 2023. 

Ilustrasi rupiah dan dolar AS.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Melemah di Level Rp 16.220 per Dolar AS, Rupiah Diproyeksi Menguat

Dia menjelaskan, maksud dari isu jangka menengah dan jangka panjang adalah fragmentasi global, perubahan iklim, dan digitalisasi.

"Selain itu, tetap berjaga-jaga jika ada pandemi di masa mendatang yang kemungkinan akan muncul kembali dan akan menjadi prahara baru baik di Indonesia maupun dunia," jelasnya. 

Adapun untuk hari ini Ibrahim memperkirakan, mata uang rupiah akan bergerak fluktuatif. Namun, ditutup melemah direntang Rp 15.270-Rp 15.360.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya