Pemerintah Bayar Utang hingga Stabilisasi Rupiah, Cadangan Devisa RI Turun Jadi US$137,1 Miliar

Tumpukan uang kertas rupiah.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

Jakarta - Bank Indonesia (BI) mencatat, posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Agustus 2023 sebesar US$137,1 miliar. Jumlah itu turun dibandingkan dengan posisi pada akhir Juli 2023 sebesar US$137,7 miliar. 

Sri Mulyani Ungkap Mood dan Fokus Para Pembuat Kebijakan Keuangan Global Lagi Begini

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, meskipun tercatat sedikit menurun dibandingkan Juli 2023. Posisi cadangan devisa Indonesia masih tetap tinggi.

Ilustrasi cadangan devisa, utang luar negeri, modal asing, dan devisa hasil ekspor.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Menkeu Sebut Jumlah Dana Pemda Mengendap di Bank Capai Rp 180,9 Triliun

"Penurunan posisi cadangan devisa tersebut antara lain dipengaruhi oleh pembayaran utang luar negeri pemerintah dan kebutuhan untuk stabilisasi nilai tukar rupiah, sejalan dengan meningkatnya ketidakpastian pasar keuangan global," kata Erwin dalam keterangannya Kamis, 7 September 2023.

Erwin menjelaskan, posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 6,2 bulan impor atau 6,0 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri Pemerintah.

BI Catat Modal Asing Kabur dari RI Pekan Keempat April Capai Rp 2,47 Triliun

"Serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor," ujarnya.

Logo Bank Indonesia.

Photo :
  • VivaNews/ Nur Farida

Dengan demikian jelas Erwin, Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

"Ke depan, Bank Indonesia memandang cadangan devisa akan tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan respons bauran kebijakan yang ditempuh Bank Indonesia dalam menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan," terangnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya