ASDP Andalkan Ini Jadi Lini Terdepan Layanan ke Penumpang di Atas Kapal

Pelabuhan ASDP.
Sumber :
  • Dokumentasi ASDP.

Jakarta – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) terus mendorong seluruh Ferizyan atau Sumber Daya Manusia (SDM) perusahaan, supaya terus berkembang menjadi insan profesional dan berkualitas dalam menghadirkan layanan prima kepada pengguna jasa.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Corporate Secretary ASDP, Shelvy Arifin mengungkapkan, saat ini total SDM ASDP berjumlah 6.000 orang, yang tersebar di Kantor Pusat dan 27 Kantor Cabang di seluruh Indonesia. Salah satu SDM yang menjadi tumpuan harapan dalam menghadirkan layanan prima di antaranya pramugari dan pramugara kapal ekspress, yang saat ini bertugas di lintas Merak-Bakauheni. 

"Peran pramugari dan pramugara sangatlah besar, sebagai salah satu front liner di atas kapal yang berada sangat dekat dengan penumpang," kata Shelvy dalam keterangannya, Senin, 11 September 2023.

Cara Taspen Perkuat Srikandi Jadi Penggerak Finansial

Pembelian tiket kapal ASDP online

Photo :
  • VIVAnews / Yandi Deslatama (Serang)

Para pramugari-pramugara bertugas menjaga kenyamanan dan ketertiban penumpang selama pelayaran, menyambut kedatangan penumpang, dan selalu siap siaga jika penumpang membutuhkan bantuan. Shelvy memastikan, pramugari dan pramugara di kapal ASDP sudah teruji dan memiliki pengetahuan yang mumpuni mengenai kapal dan pelayaran.

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

"Dengan begitu, mereka dapat memberikan informasi dan arahan sesuai yang penumpang inginkan," ujarnya.

Standar pelayanan kepada pelanggan yang wajib diterapkan pramugari dan pramugara adalah penerapan 5S, yakni Senyum, Sapa, Salam, Sopan, dan Santun. Kemudian, mereka harus berpenampilan rapi, bersih, dan wangi, mempunyai attitude yang baik, berwawasan yang luas, senang bersosialisasi, dan juga mempunyai kemampuan berbicara di depan publik (public speaking) yang baik.

"Hal ini sebagai bentuk komitmen ASDP untuk memastikan bahwa pengguna jasa mendapatkan pelayanan yang optimal," kata Shelvy.

Saat ini, total pramugari dan pramugara yang bertugas melayani 4 unit kapal ekspress di Merak-Bakeuheni berjumlah 28 orang, yang terbagi menjadi 4 tim. Yakni Tim A, B, C, dan D, dengan setiap tim berjumlah 7 orang. Tim A bertugas di KMP Legundi, Tim B di KMP Batumandi, Tim C di KMP Sebuku, dan Tim D di KMP Jatra III.

"Setiap tim dapat di-rolling di kapal mana saja, apabila ada kapal yang sedang anchor dan ada kapal yang masuk menggantikan kapal yang anchor tersebut," ujarnya.

Sebagai informasi, peran dan eksistensi petugas front liner pramugari maupun pramugara di kapal ASDP itu, tentunya juga menjadi fokus ASDP dalam mewujudkan game changer terkait People & Culture. Hal ini menekankan bahwa manajemen ASDP mampu memberikan pelayanan maksimal dalam memenuhi kebutuhan pelanggannya.

Tentunya, aspek utama pelayanan ASDP tetap memprioritaskan aspek keselamatan, yang kemudian diikuti dengan keamanan dan kenyamanan dari seluruh pengguna jasa, atau masyarakat yang mengakses layanan ASDP.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya