Jokowi Pastikan Proyek Lotte Chemical Cilegon Rampung 2025

Presiden Jokowi tinjau Pabrik petrokima Lotte Chemical Indonesia di Cilegon
Sumber :
  • VIVA/Anwar Sadat

Cilegon – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi perusahaan Petrokimia Lotte Chemical Indonesia yang terletak di Kota Cilegon, Banten, Selasa 12 September 2023. Jokowi tiba di lokasi industri Petrokimia Lotte Chemical Indonesia sekitar pukul 08.30 WIB.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Saat tiba di lokasi, Jokowi terlebih dahulu berkeliling kawasan Pabrik, dan melihat proses pembangunan di lahan seluas 100 hektare tersebut. Dalam kegiatan itu, Jokowi didampingi oleh Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, dan sejumlah Pejabat terkait lainnya

"Jadi hari ini kita berada di pabriknya di industrinya Lotte Chemical, proyek ini sudah dimulai tahun 2020 dan akan selesai nanti di 2025,"kata Presiden Jokowi, usai meninjau kawasan pabrik tersebut, Selasa 12 September 2023.

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Presiden Jokowi tinjau pembangunan pabrik Petrokimia Lotte Chemical Indonesia

Photo :
  • VIVA/Anwar Sadat

Menurut Jokowi, saat ini progres pembangunan pabrik tersebut sudah sangat bagus, yakni sudah menvapai 73 persen. Diprediksi pembangunan pabrik petrokimia Lotte Chemical Indonesia ini akan selesai pada bulan Maret 2025.

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

"Progresnya sudah sangat bagus sudah selesai 73 persen, dan menyangkut investasi yang sangat besar kira-kira Rp60 triliun atau 3,9 billion US Dollar," kata Jokowi

Dia mengatakan, produk yang akan dihasilkan dari pabrik ini akan menjadi produk subtitusi impor. Sebanyak 70 persen akan digunakan untuk kebutuhan lokal, dan 30 persen hasil produksi akan diekspor.

"Yang saya senang ini akan menjadi subtitusi impor, 70 persen untuk lokal dan 30 persen untuk ekspor. Dua-duanya baik karena yang untuk dipakai di dalam negeri itu menjadi subtitusi dari barang-barang impor petrokimia yang kita lakukan, semuanya baik," ujar Jokowi

Pembangunan pabrik Lotte Chemical Indonesia

Photo :
  • VIVA/Anwar Sadat

Sementara itu, Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM Yuliot menjelaskan, dari pembangunan pabrik Lotte Chemical Indonesia ini diharapkan ada penguatan struktur Industri du Petrokimia.

"Dari pelaksanaan ini presiden melihat sarana produksi apa yang telah disediakan, kemudian infrastruktur penunjang apa yang sudah dibangun akan di cek dari sisi-sisi, permasalahan-permasalahan apakah masih ada permasalahan di lapangan, tentu permasalahan dilapangan sudah berusaha untuk fasilitasi perusahaan," ujar Yuliot.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya