Kampanyekan SDGs Bareng MRT Jakarta, Kepala Bappenas Bicara Perubahan Iklim hingga Polusi

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.
Sumber :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

JakartaMenteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa melakukan peluncuran kampanye green economy & green environment bersama Direktur Utama PT. MRT Jakarta, Tuhiyat di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta Pusat pada Selasa, 12 September 2023.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Suharso mengatakan Indonesia menjadi bagian dari populasi dunia bersama 193 negara yang lain berkomitmen untuk memastikan tahun 2030 mencapai target tujuan pembangunan berkelanjutan atau suistainable development goals (SDGs). Namun sayangnya, kata dia, target tersebut berubah mengingat dunia dilanda bencana pandemi COVID-19.

“Maka banyak negara yang tidak mampu untuk mencapai ke sana, termasuk Indonesia. Jadi, kita ingin mengembalikan lagi track itu, kecepatan itu agar seluruh dunia itu benar-benar bisa memastikan tujuan satu sampai 17 di dalam SDGs,” kata Suharso.

Tom Lembong Pilih Setia di Gerakan Perubahan: Saya Satu Paket dengan Anies Baswedan

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.

Photo :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Menurut dia, hal yang paling kecil bisa dilakukan sebagai anak bumi, sebagai orang bumi atau sebagai orang yang mengakui tinggal di bumi adalah menyayangi dunia atau bumi sedemikian rupa, menjaganya agar tidak menjadi bagian dr persoalan, tidak menjadi bagian membuat Jakarta itu menambah polusi, tidak menjadi bagian Jakarta yang sampahnya itu tidak bisa diselesaikan. 

Pemprov DKI Jakarta Dukung Kerja Sama Proyek MRT Berkonsep TOD dengan Jepang

“Tetapi, kita harus menjadi bagian dari penduduk bumi yang sama-sama turut menyelesaikan apa yang sekarang dikenal dengan triple planetery crisis. Itu ada perubahan iklim, polusi, yang hari ini msh kita lihat, masih menggantung di udara Jakarta. Kita jangan masuk atau turut serta dalam bagian yang justru merusak,” ujarnya.

Maka dari itu, Suharso mengatakan gaya hidup harus pelan-pelan disesuaikan untuk mengikuti SDGs. Tentunya, kata dia, dimulai dari diri sendiri sebelum mengkampanyekan kepada orang lain atau masyarakat.

“Kita mulai dari diri kita, baru kita berkampanye untuk orang lain, kampanye untuk keluarga kita. Saya sering mengatakan, kalau tidak dari kita diri sendiri untuk menjadi contoh lalu kita ngomong, enggak ada yang mau denger. Jadi mesti dari kita sendiri,” jelas dia.

Sementara Direktur Utama PT. MRT Jakarta, Tuhiyat menyampaikan terima kasih atas kerja sama yang dibangun Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa bersama MRT Jakarta untuk peluncuran SDG’s. Tentu, ia berharap peluncuran kampanye ini menguatkan MRT Jakarta untuk selalu memperhatikan nilai-nilai keberlanjutan bagi semua.

“Kami bukan hanya kerja dan bisnis, melainkan juga mampu untuk mendorong diseminasi informasi mengenai capaian SDG’s yang efektif kepada berbagai semua stakeholder yang ada. Selamat kepada kita semua, khususnya Bappenas yang telah memberikan atau membuat satu ide peluncuran ini. Mudah-mudahan ini bisa kita lanjutkan, tentunya untuk menjadikan Jakarta lebih baik, sukses Jakarta untuk Indonesia,” tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya