Modernisasi Layanan Digital, BCA Syariah Tingkatkan Keamanan Transaksi Nasabah

Menara PT Bank Central Asia TBk (BCA) MH Thamrin, Jakarta Pusat.
Sumber :
  • VIVA/Andry Daud

Jakarta  PT Bank BCA Syariah (BCA Syariah) bekerja sama dengan PT Indonesia Digital Identity (Vida), berkomitmen untuk memberikan solusi praktis bagi nasabah, dalam membantu memudahkan transaksi keuangan sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup para nasabah tersebut.

Sri Mulyani Ungkap Mood dan Fokus Para Pembuat Kebijakan Keuangan Global Lagi Begini

Direktur Teknologi Informasi BCA Syariah, Lukman Hadiwijaya menjelaskan, jumlah transaksi di BCA Syariah selama semester I-2023 mencapai 6 juta lebih transaksi, di mana 63 persennya dilakukan melalui mobile banking. 

"Hal ini menunjukkan bahwa kemudahan transaksi layanan perbankan elektronik, saat ini sudah menjadi kebutuhan mutlak bagi nasabah," kata Lukman dalam keterangannya, Selasa, 12 September 2023.

Pemerintah Sudah Kantongi Rp 112 Miliar Pajak Transaksi Kripto pada 2024

Kantor BCA.

Photo :
  • VIVA/Andry Daud

Karenanya, BCA Syariah pun secara berkelanjutan melakukan modernisasi layanan digital, dengan mengembangkan berbagai fitur yang makin mudah diakses oleh nasabah. Lukman mengaku, pihaknya menyadari bahwa salah satu yang menjadi perhatian dalam transformasi digital, adalah faktor keamanan dalam bertransaksi.

BI Catat Modal Asing Kabur dari RI Pekan Keempat April Capai Rp 2,47 Triliun

"Kami terus memastikan infrastruktur teknologi di BCA Syariah memenuhi standardisasi, yang dapat menjamin keamanan dan kenyamanan nasabah dalam menggunakan fitur-fitur yang ada di platform digital BCA Syariah," ujar Lukman.

Salah satu fitur BCA Syariah yang dikembangkan adalah pembukaan rekening online melalui BCA Syariah Mobile. Calon nasabah yang ingin membuka rekening dapat melakukannya dari mana saja, tanpa harus datang ke kantor-kantor cabang. Melalui aplikasi BCA Syariah Mobile, mereka dapat mengisi data secara elektronik. Semua informasi nasabah yang terekam pun akan dijamin kerahasiaan dan keamanannya oleh BCA Syariah.

“Dengan pengembangan dan inovasi yang berkelanjutan, kami berharap dapat mempermudah masyarakat untuk menjangkau produk BCA Syariah melalui kanal perbankan elektronik," ujarnya.

Ilustrasi keuangan syariah

Photo :
  • Halomoney

Senada, Managing Director Vida, Adrian Anwar mengatakan, perkembangan teknologi digital di sektor keuangan saat ini terus berkembang, dan semakin memudahkan pelaku industri keuangan

menjangkau nasabah-nasabah baru secara mudah, cepat, dan akurat.

Karenanya, Vida pun hadir sebagai perusahaan penyedia layanan identitas digital berbasis sertifikat elektronik, dengan memberikan metode layanan identitas digital yang nyaman bagi pelanggan bisnis dan individu.

"Vida telah melakukan lebih dari 1,8 juta proses verifikasi biometrik dan liveness detection, dengan proses sampai dengan 10 transaksi per detik. Kami akan terus memastikan data nasabah di industri keuangan terlindungi dengan baik, sehingga nasabah lebih percaya diri dalam menjalankan aktivitas layanan keuangan melalui platform digital," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya