Gandeng KNKT Periksa Rangka eSAF, Kemenhub Sebut Laju Korosi di Indonesia Berat

Sillicate rangka eSAF
Sumber :
  • Arianti Widya

Jakarta – Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, menggandeng Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) guna meneliti rangka eSAF Sepeda motor Honda sejak Agustus hingga September 2023.

C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno mengatakan, langkah ini sebagai upaya mewujudkan kendaraan bermotor yang berkeselamatan, serta menindaklanjuti keluhan masyarakat terkait rangka enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) sepeda motor Honda.

Dia berharap masyarakat tidak perlu khawatir, karena saat ini sedang dalam proses perbaikan tentu untuk mengutamakan kendaraan bermotor yang berkeselamatan ke depannya.

Tesla Bakal Luncurkan Mobil Listrik Murah? Ini Kata Elon Musk

VIVA Otomotif: Rangka eSAF motor Honda

Photo :
  • Dok: AHM

"Hasil penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti telah ditindaklanjuti. Kami bersama KNKT akan mengawal dan mengawasi proses pemeriksaan dan penanganan rangka eSAF ini," kata Hendro dalam keterangannya, Jumat, 15 September 2023.

Dua Mobil Premium BMW Bakal Layani Antar Jemput Pasien RS

Menurut tim peneliti Ditjen Hubdat dan KNKT, PT. AHM membuat rangka eSAF dari raw material berupa High Strength Steel (HSS) yang diproses menjadi rangka. Kemudian dilakukan pelapisan coating dengan metode CED (Cathodic Electro Deposition) secara dipping (celup).

Tim peneliti melihat proses pengendalian kualitas produk mulai tahap incoming material, press, welding, dan pelapisan. Item kontrol termasuk dimensi maupun ketebalan dari hasil proses pelapisan, telah dilakukan dan telah memenuhi persyaratan standard manufacturing global.

Berdasarkan hasil perhitungan finite element method dan divalidasi secara pengujian aktual di fasilitas milik PT. AHM, dapat dikatakan struktur rangka eSAF cukup kuat dan tidak memiliki daerah kritis atau fatigue dengan stress load yang tinggi. Tegangan yang terjadi masih jauh di bawah Yield Point (batas elastis) dari material rangka.

Dalam hal ini, Ditjen Hubdat dan KNKT juga meneliti rangka eSAF dari motor konsumen. Berdasarkan hasil pemeriksaan, ditemukan adanya karat pada bagian dalam rangka yang tidak terlapisi coating dan lubang pembuangan bawah yang berpotensi tertutup kotoran. Sehingga, hal itu membuat air tersumbat serta berpotensi menyebabkan udara lembab di sekitar rangka dan dapat bersifat korosif.

Menindaklanjuti hasil penelitian, PT AHM sedang melakukan optimalisasi terhadap cara perlindungan rangka dari korosi secara menyeluruh. Sebagai langkah nyata bentuk tanggung jawab PT. AHM terhadap Sepeda motor yang telah berada di konsumen, PT. AHM membuka layanan pemeriksaan dan penanganan dengan menyediakan layanan 24 jam. Yakni melalui contact center Honda 1-500-989, yang dapat diakses dari seluruh Indonesia atau datang langsung ke bengkel AHASS terdekat.

Rangka sepedamotor Honda kropos

Photo :
  • Istimewa

Merujuk peta korosi dunia yang dikembangkan sesuai ISO 9223 tentang sistem klasifikasi laju korosi carbon steel, berdasarkan kondisi atmosfer lingkungan, Indonesia berada pada laju korosi yang berat. Dengan itu, diperlukan regulasi lebih lanjut mengenai tata cara pemenuhan ketahanan korosi pada kendaraan roda dua atau lebih.

"Mengingat kondisi di atas Ditjen Hubdat berserta KNKT juga melihat perlunya peningkatan edukasi terkait perawatan dan pemeliharaan kendaraan bermotor roda dua atau lebih," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya