LRT Jabodebek Tambah Jumlah Perjalanan Jadi 202 Per Hari, Catat Jadwal Terbarunya

Uji coba LRT Jabodebek, kereta ringan tanpa masinis
Sumber :
  • KAI

Jakarta – Vice President Public Relations PT KAI, Joni Martinus mengatakan, mulai hari Sabtu,16 September 2023, LRT Jabodebek akan melakukan penambahan jadwal perjalanan guna memenuhi peningkatan kebutuhan para pengguna jasanya.

Jadwal Mobil SIM Keliling Jakarta dan Tangsel Minggu 28 April 2024

Penambahan perjalanan LRT Jabodebek ini merupakan hasil evaluasi melihat tingginya kebutuhan masyarakat pengguna LRT Jabodebek dan sebagai upaya mendukung pemerintah guna mengurai kemacetan di wilayah ibu kota dan sekitarnya serta mengatasi polusi udara.

"LRT Jabodebek akan menambah jumlah perjalanan menjadi 202 perjalanan, dari sebelumnya 158 perjalanan setiap harinya. Selain itu, jarak waktu kedatangan antar kereta (headway) akan menjadi lebih singkat," kata Joni dalam keterangannya, Jumat, 15 September 2023.

ITDC Umumkan Tiket MotoGP Mandalika 2024 Didiskon 50 Persen

Dia menambahkan, jarak waktu kedatangan antarkereta menjadi 17 menit, dari yang sebelumnya 20 menit untuk perjalanan relasi Jati Mulya - Cawang (PP) dan Harjamukti - Cawang (PP). Sedangkan untuk relasi Cawang - Dukuh Atas (PP) menjadi 9 menit, dari yang sebelumnya 10 menit.

LRT melintas di longspan di kawasan Gatot Subroto - Kuningan

Photo :
  • Setpres
Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Depok, Bandung, Bekasi Sabtu 27 April 2024

Seiring bertambahnya jumlah perjalanan, Joni memastikan bahwa akan ada penyesuaian jadwal perjalanan. Sehingga LRT Jabodebek akan melayani masyarakat menjadi lebih malam dari jadwal sebelumnya. Penambahan jumlah perjalanan ini merupakan salah satu indikator keberhasilan dari pelaksanaan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang diamanahkan kepada KAI, di mana hasilnya semakin diminati oleh masyarakat.

Tingginya animo masyarakat yang menggunakan LRT Jabodebek bisa terlihat sejak diresmikan pada 28 Agustus hingga 13 September 2023, di mana LRT Jabodebek sudah melayani 629.929 penumpang. Diharapkan dengan penyesuaian perjalanan ini, masyarakat agar kembali memperhatikan jadwal keberangkatan LRT Jabodebek.

"KAI berharap semoga dengan bertambahnya jumlah perjalanan, LRT Jabodebek dapat melayani masyarakat dengan lebih baik lagi," ujarnya.

Berikut adalah jadwal keberangkatan kereta LRT Jabodebek pertama dan terakhir setiap harinya:

A. Jadwal Keberangkatan Kereta Pertama LRT Jabodebek: 

1. Relasi Jatimulya - Dukuh Atas : 05:10 WIB

2. Relasi Harjamukti - Dukuh Atas : 05:06 WIB

3. Relasi Dukuh Atas - Harjamukti : 05:59 WIB

4. Relasi Dukuh Atas - Jatimulya : 06:08 WIB

B. Jadwal Pemberangkatan Kereta Terakhir LRT Jabodebek:

1. Relasi Jati Mulya - Dukuh Atas : 18:26 WIB

2. Relasi Harjamukti - Dukuh Atas : 18:58 WIB

3. Relasi Dukuh Atas - Jati Mulya : 19:27 WIB

4. Relasi Dukuh Atas - Harjamukti : 19:51 WIB

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya