Pesta Rakyat Simpedes di Kota Denpasar 2023 Hadirkan Semarak Pesta Seni hingga Edukasi Keuangan

Pesta Rakyat Simpedes di Kota Denpasar 2023
Sumber :
  • Istimewa

Bali – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terus didorong untuk bertumbuh mengembangkan usahanya. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk sebagai bank yang fokus terhadap sektor UMKM terus melakukan pemberdayaan kepada pelaku usaha di segmen Mikro dan Ultra Mikro, salah satunya melalui Pesta Rakyat Simpedes (PRS). Pada tahun 2023 ini, serangkaian PRS Utama sudah diselenggarakan di Bandung, Yogyakarta, Pandaan, Makassar dan Kegiatan yang akan dilakukan di Denpasar akan menjadi penutup acara PRS di tahun 2023 ini.

Bantah Selingkuh, Rizky Nazar Tantang Netizen Buktikan Video Ciuman dengan Salshabilla Adriani

Gelaran yang diselenggarakan oleh Tabungan BRI Simpedes ini mengusung tema “Pede Raih Peluang”, pada 23-24 September 2023 di Lapangan Niti Mandala Renon. Menghadirkan lebih dari 100 UMKM unggulan Denpasar, ditambah kurang lebih 15.000 nasabah BRI Group dan masyarakat umum, serta ratusan komunitas penggiat budaya setempat.

Komjen Fadil Pimpin Pengamanan Ajang World Water Forum di Bali, 5.791 Polisi Dikerahkan

Seperti diketahui, Pesta Rakyat Simpedes rutin dilakukan sejak 2008 sebagai sarana edukasi dan hiburan sehingga masyarakat pede untuk menjadi entrepreneur. Pada masa pandemi (2020-2021), PRS tetap diselenggarakan secara daring yang disiarkan melalui media streaming.

Selain menampilkan beragam hiburan, pada kegiatan ini dilakukan berbagai program untuk memberdayakan UMKM, literasi digital, hingga memberikan pelayanan perbankan bagi nasabah. Di samping itu, PRS Denpasar 2023 juga merupakan bentuk dukungan BUMN guna mendukung serta memajukan UMKM di Bali, khususnya di Denpasar.

Dituduh Selingkuh, Rizky Nazar Meradang Beri Respons Begini

Pesta Rakyat Simpedes tahun 2023 sendiri berlangsung pada bulan Juli hingga September 2023 di 20 kota dan 362 titik di seluruh Indonesia. Acara ini akan ditayangkan secara langsung melalui kanal Youtube BANK BRI dan ditayangkan langsung melalui siaran televisi iNews TV.

Mengungkapkan bahwa melalui kegiatan ini BRI terus mensosialisasikan penggunaan QRIS BRI sebagai bentuk edukasi digitalisasi finansial kepada masyarakat. Tentunya hal ini sejalan dengan komitmen PRS untuk mengajak seluruh UMKM semakin pede meraih peluang sehingga mampu meraih peluang di segala lini bisnis. 

Di dalam rangkaian PRS, layanan lengkap diberikan kepada seluruh nasabah Tabungan BRI Simpedes. Di sisi lain, BRI juga mendorong akuisisi pedagang melalui pembayaran digital QRIS BRI untuk mempermudah UMKM dan masyarakat dalam bertransaksi.

Adapun salah satu rangkaian PRS yang menjadi kegiatan diawal yang ditunggu-tunggu adalah yakni hadirnya Grebek Pasar dengan menyasar enam pasar tradisional, yakni Pasar Mengwi, Pasar Ketapian, Pasar Sanglah, Pasar Dalung, Pasar Kreneng dan Pasar Badung. 

Grebek Pasar dilaksanakan mulai 18 September 2023 di Denpasar, kegiatan ini menjadi momen istimewa di mana para pegawai BRI berkumpul lebih dekat dengan para pedagang lokal di pasar tradisional untuk memberikan edukasi keuangan kepada masyarakat dan para pelaku UMKM. Layanan tersebut di antaranya, pembukaan Tabungan BRI Simpedes secara digital dan transaksi menggunakan QRIS BRI  bayarnya melalui BRImo.

Enam Pilar Pesta Rakyat Simpedes 2023

Gelaran PRS 2023 di Denpasar ini pun membawa enam pilar utama. Pertama, adalah pilar Pawai dengan memberikan sarana literasi digital kepada para pelaku UMKM di Denpasar melalui penggunaan BRImo beserta fiturnya. Selain memberikan nilai edukasi, Pawai PRS 2023 dimeriahkan dengan kegiatan Pawai Seni dan Budaya yang dimeriahkan oleh Marching Band dan Komunitas pada Sabtu (23/9)

Kedua, Pasar bazar UMKM unggulan di Denpasar yang akan menampilkan berbagai macam produk UMKM dengan beberapa kategori yaitu kuliner, fashion, craft dan semua transaksi pembelian produk – produk UMKM menggunakan QRIS BRI scannya pake BRImo.

Ketiga, Panen yaitu penyerahan secara simbolis program Panen Hadiah Simpedes dan aneka kegiatan berhadiah bagi para pengunjung yang hadir. Keempat, Pojok X’Sis PRS Denpasar dimeriahkan dengan kegiatan fun group games, melukis layang-layang, tiktok dance competition,  dan demo masak dari Chef Muto serta kompetisi ibu senyum. 

Kelima, Peduli yang merupakan bentuk kepedulian sosial BRI untuk masyarakat sekitar dengan menyediakan layanan cek kesehatan gratis, tebus sembako gratis, serta face painting dan potong rambut gratis dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Terakhir, Panggung yang dimeriahkan penampilan Naluri Manca feat Balai Ganjur dan Bagus Wirata pada 23-24 September 2023 serta hiburan dari deretan artis tanah air dan lokal yakni menghadirkan Yura Yunita, Dewa 19 feat. Virzha, Kotak Band dan Kahitna. Serta diakhiri dengan selebrasi rangkaian penutup Pesta Rakyat Simpedes 2023.

Sebagai informasi, Pembelian tiket Pesta Rakyat Simpedes 2023 bisa dilakukan sebelum acara melalui website www.pestarakyatsimpedes.com dan bagi yang tidak sempat membeli tiket secara online, juga tersedia pembelian secara langsung di lokasi acara (on the spot) dengan scan QRIS BRI hanya senilai Rp1,- menggunakan BRImo. Informasi lebih lanjut mengenai penyelenggaraan Pesta Rakyat Simpedes 2023 dapat diakses melalui instagram @bankbri_id atau website bbri.id/PRS2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya