Nama Usaha MIND ID Resmi Jadi PT Mineral Industri Indonesia, Inalum Kini Anak Usaha

Ilustrasi MIND ID.
Sumber :
  • Dokumentasi MIND ID.

Jakarta – Holding BUMN Industri Pertambangan MIND ID resmi memiliki nama usaha PT Mineral Industri Indonesia usai spilt off dengan PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) atau Inalum. Mulanya, Holding Industri Pertambangan resmi dibentuk dengan menggunakan entitas Inalum pada 2017.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Sekertaris perusahaan MIND ID Heri Yusuf mengungkapkan, split off ini berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No 45 Tahun 2022 tentang Pengurangan Penyertaan Modal Negara pada PT Indonesia Asahan Aluminium. Pemisahan ini justru akan lebih mengakselerasi kontribusi holding industri pertambangan kepada Indonesia.

Saat itu, Inalum berperan sebagai induk perusahaan yang memiliki mayoritas saham pada 4 perusahaan industri tambang terbesar di Indonesia, yaitu  PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Timah Tbk, serta pada 2018, PT Freeport Indonesia yang bergabung secara mayoritas saham 51,23 persen milik Pemerintah Indonesia melalui holding BUMN tambang MIND ID.

IDSurvey: BUMN Perlu Adaptif Hadapi Gejolak Ekonomi yang Tidak Stabil

MIND ID.

Photo :
  • Dokumentasi MIND ID.

"PT Inalum kini sejajar dengan anggota MIND ID lainnya dengan tujuan agar MIND ID lebih fokus pada strategic holding company, sementara Inalum akan fokus pada pengembangan hilirisasi aluminium nasional,"  ujar Heri Yusuf dikutip dari keterangannya, Jumat, 29 September 2023.

Prudential Indonesia Bayarkan Klaim Asuransi 17 Triliun Selama 2023

Kini BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID beranggotakan PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Indonesia Asahan Aluminium, serta PT Timah Tbk. 

Heri Yusuf mengatakan dengan Split off Inalum dan MIND ID ini, MIND ID akan lebih efektif dan efisien mengelola rencana proyek bisnis dan investasi yang menciptakan nilai tambah bagi Indonesia. Transformasi ini juga akan memperkuat tata kelola MIND ID. 

“Sehingga dapat mengoptimalkan kontribusi perusahaan kepada seluruh pemangku kepentingan. BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID bertugas melaksanakan lima strategi bisnis dalam rangka meningkatkan performa dari anggota holding,” tegasnya.

Dia menjabarkan, lima tugas tersebut antara lain, memaksimalkan eksplorasi dan pertumbuhan produksi pertambangan, meningkatkan daya saing biaya dengan memaksimalkan platform digital, dan memaksimalkan skala hilirisasi aset dengan Project Management Officer (PMO). Selanjutnya, MIND ID bertugas menerapkan ekspansi industri hilir atau hilirisasi. 

Kolaborasi dan sinergi anggota MIND ID untuk mempercepat program hilirisasi dibuktikan dengan pembangunan smelter di berbagai wilayah. Semelter yang dibangun antara lain smelter tembaga milik PT Freeport Indonesia di Gresik, Jawa Timur dan smelter Feronikel milik PT Antam di Halmahera Timur, Maluku Utara.

Mind ID.

Photo :
  • Dokumentasi Mind ID.

Tidak hanya itu, anggota MIND ID juga membangun proyek strategis, yakni SGAR di Mempawah untuk mendukung rantai pasok bauksit hingga alumunium dan PLTU Mulut Tambang SUMSEL 8. 

"Ke depannya tentu mandat hilirisasi, penguasaan cadangan, serta menjadi pemain kelas dunia merupakan komitmen yang akan terus menjadi kunci sukses peta keberlanjutan," kata Heri Yusuf. 

Pada hari Pertambangan ke-78 yang mengangkat tema Energi Masa Depan Negeri ini, MIND ID  akan terus mengeksplorasi dan menjaga sumber daya negeri ini untuk kemajuan Indonesia dengan terus memberi nilai tambah yang maksimal untuk masa depan yang lebih cerah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya