Ground Breaking Pembangunan LRT Bali Dimulai Awal Tahun 2024

LRT Jabodebek.
Sumber :
  • PT KAI

Bali – Pembangunan Light Rail Transit (LRT) mulai ground breaking di awal semester pertama 2024. Jalur LRT Bali tahap awal berada di lintasan Bandara I Gusti Ngurah Rai hingga Mengwi. Selanjutnya, akan mencakup seluruh wilayah Bali.

Sri Mulyani Ungkap Pembangunan IKN Sudah Sedot APBN Rp 4,3 Triliun

Kepala Dinas Perhubungan IGW Samsi Gunarta mengatakan, lintasan LRT akan dibagi tiga tahap. Fase pertama, Bandara I Gusti Ngurah Rai-Seminyak, melalui Central Parkir. Fase kedua, Seminyak-Canggu dan Fase ketiga, Canggu-Mengwi.

"Kita diminta harus mulai menyiapkan timeline dan menghitung mundur dari saat ground breaking yang direncanakan di awal periode semester I tahun 2024 depan," kata Samsi Gunarta, Rabu, 4 Oktober 2023.

Moeldoko: Otonomi Daerah Harus Lanjutkan Pembangunan Visi Jokowi

Pj. Gubernur Bali saat audiensi dengan Menteri PPN/Bappenas RI, Suharso Monoarfa

Photo :
  • VIVA/Maha Liarosh

Samsi menambahkan, prioritas saat ini adalah  fase pertama dengan lintasan Bandara-Seminyak. Mengingat, kata Samsi, jalur tersebut sudah mengalami tingkat kemacetan parah. 

Pemprov DKI Jakarta Dukung Kerja Sama Proyek MRT Berkonsep TOD dengan Jepang

Fase pertama ini terbagi dalam fase 1A Bandara-Central Parkir, dan fase 1B  Central Parkir-Seminyak. 

"Sebagian besar akan menggunakan jalur bawah tanah, tapi di tempat-tempat yang memungkinkan, digunakan jalur at grade atau menyentuh tanah," ujar Samsi.

Pembangunan LRT di Bali untuk mengatasi kemacetan di kantung-kantung pariwisata. Pembangunan moda transportasi baru ini akan meningkatkan bargaining Bali dengan destinasi wisata dunia lainnya.

"Pariwisata kita bagus, tapi kita perlu pembenahan melalui dukungan infrastruktur khususnya moda transportasi yang memadai," kata Samsi.

Pj. Gubernur Bali saat audiensi dengan Menteri PPN/Bappenas RI, Suharso Monoarfa

Photo :
  • VIVA/Maha Liarosh

Menurutnya, LRT akan memudahkan penumpang menuju Bandara. Dalam pelayanan LRT, penumpang mendapatkan kepastian masuk areal bandara tanpa khawatir terjebak macet.

Selain itu, memungkinkan penumpang menikmati sisa waktu menunggu pesawat boarding. Termasuk, bisa melakukan check-in di luar.

"Jadi mereka masih bisa memanfaatkan sisa  waktunya untuk menikmati Bali sebelum waktu keberangkatan," jelas Samsi Gunarta.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya