Soal Dugaan Korupsi Impor Gula di Kemendag, Zulhas: Saya Ditunjuk Jadi Mendag karena Banyak Badai

Presiden Jokowi dan Mendag Zulhas
Sumber :
  • Dokumentasi Humas Kemendag

Jakarta – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan atau Zulhas menegaskan, Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan mendukung penuh Kejaksaan Agung (Kejagung) dalam penyelesaian kasus terkait dugaan korupsi impor gula.

Bea Cukai Pastikan Pengiriman Jenazah dari Luar Negeri Tidak Dipungut Bea Masuk

Zulhas mengatakan, selama ia menjabat banyak terdapat badai yang tak kunjung selesai. Masalah itu jelas dia dimulai dari minyak goreng hingga gula.

"Mendag ini mengalami badai yang sampai sekarang, sedikit demi sedikit kita dukung penuh aparat penegak hukum untuk menuntaskan beberapa kasus-kasus hukum yang banyak. Makanya saya ditunjuk presiden jadi mendag kan karena ada badai banyak masalah, terutama minyak goreng dalam distribusi harga sudah bisa diatasi," kata Zulhas di ITC Mangga Dua, Jakarta Rabu, 4 Oktober 2023.

Di depan Bakal Calon Kepala Daerah, Zulhas: PAN Tak Pernah Minta Proyek

Zulhas menyebutkan, dari banyaknya masalah-masalah hukum yang menerpa institusi yang dipimpinnya. Dia mendukung Kejagung untuk melakukan penyelesaian atas kasus-kasus di Kemendag.

Kementerian Perdagangan Republik Indonesia/Kemendag

Photo :
  • VIVA/Andry Daud
Ajak 38 DPW PAN ke Istana, Zulhas Tak Bahas Kabinet dengan Jokowi

"Buntutnya sampai sekarang. Oleh karena itu Kemendag akan membantu mendukung penyelesaian kasus-kasus ini agar di kemudian hari Kemendag bisa lebih baik," ujarnya.

Zulhas mengatakan, terkait berapa jumlah tersangka yang terlibat dalam dugaan korupsi gula ini dia tidak bisa menjelaskan lebih lanjut. Namun, tegasnya perbaikan terus dilakukan khususnya pada impor.

"(Tersangka) itu diserahkan kepada aparat kejaksaan. Antara lain yang kita perbaiki itu sekarang impor itu komoditas itu harus melalui neraca komoditas," jelasnya.

Zulhas menjelaskan, untuk impor gula, jagung, dan garam kini tidak ada lagi di Kementerian Perdagangan. Penugasan impor itu akan diputuskan secara bersama-sama.

"Misalnya gula, jagung, garam, jadi tidak di Kemendag lagi. Tapi diputuskan bersama di neraca komoditas dengan ditunjuk siapa yang dapat itu oleh kementerian terkait. Itu perbaikan-perbaikan dilakukan kita dukung agar permasalahan permasalahan hukum bisa diselesaikan," kata Zulhas.

Bulog tambah impor gula penuhi kebutuhan dalam negeri

Photo :
  • Dok. Perum Bulog

Sebelumnya diberitakan, Kejaksaan Agung (Kejagung) RI menggeledah kantor Kementerian Perdagangan (Kemendag) terkait dengan kasus dugaan korupsi impor gula pada Selasa, 3 Oktober 2023.

Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Kuntadi mengatakan penggeledahan dilakukan setelah penyidik resmi meningkatkan status kasus dugaan korupsi impor gula itu ke tahap penyidikan.

"Terkait penyidikan impor hari ini dilakukan penggeledahan di Kementerian Perdagangan dan di PT PPI. Hasilnya? Mari kita tunggu," kata Kuntadi dalam konferensi pers, Selasa, 3 Oktober 2023. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya