Balas Prabowo, Ganjar Ingatkan "Yang Kerja Sama Saja Bisa Ganggu"

Ganjar Pranowo bersama para relawan pendukungnya.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Mantan calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo merespons pernyataan presiden terpilih Prabowo Subianto tentang pihak yang tidak mau diajak kerja sama agar jangan mengganggu pemerintahannya pada periode 2024-2029. Menurut Ganjar, pihak yang bekerja sama saja bisa mengganggu, termasuk dalam pemerintahan Prabowo.

Catatan KPK untuk Program Makan Siang Gratis di Pemerintahan Prabowo-Gibran

"Iya, yang bekerja sama saja bisa ganggu--saya ingetin loh ya. Jangan sampai kemudian yang di dalam malah mengganggu," kata Ganjar kepada wartawan di Jakarta, Jumat, 10 Mei 2024.

Mantan gubernur Jawa Tengah itu memberi contoh soal gangguan dari dalam seperti halnya kasus korupsi yang dilakukan oleh pejabat-pejabat di pemerintahan. Menurutnya, hal tersebut merupakan salah satu contoh gangguan dari dalam.

Jokowi Pede Bendungan Ameroro Mampu Atasi Banjir dan Krisis Air di Konawe

Presiden RI terpilih Prabowo Subianto di acara Workshop dan Rapat Koordinasi Nasional Partai Amanat Nasional dalam Rangka Mewujudkan Kemenangan PAN Pilkada 2024 di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan, Kamis, 9 Mei 2024.

Photo :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

"Umpama kita ingin menciptakan pemerintah bersih tapi korupsi di dalam, itu menganggu; yang di luar jangan-jangan malah membantu karena mengingatkan yang baik dan check and balances akan berjalan," kata Ganjar.

Soal Revisi UU Kementerian Negara, Airlangga: Presiden Terpilih Diberikan Kekuasaan Menyusun Kabinet

Di sisi lain, Ganjar menegaskan bahwa semua pihak yang berada di luar pemerintahan dapat mengkritik dan memberi masukan kepada pemerintah. Namun, semua pihak tetap berada demokrasi yang baik sehingga tak mengganggu pemerintah.

"Dan kalau kemudian partai politik katakan tidak ikut dalam pemerintahan, masyarakat sipil tidak ikut dalam pemerintahan, masyarakat sipil bisa memberikan catatan catatan kritis, jadi kita mesti membuka ruang check and balances itu tapi betul kalau mengganggu itu artinya disruptif, jangan," ujarnya.

Prabowo Subianto meminta kepada pihak-pihak yang tidak ingin bekerja sama untuk tidak mengganggu pemerintahannya nanti. Prabowo menegaskan, dirinya hanya ingin bekerja untuk rakyat dan mengamankan kekayaan yang dimiliki bangsa Indonesia.

Ilustrasi Sidang Paripurna DPR

Photo :
  • VIVA.co.id/ Agus Rahmat

Hal itu disampaikan Prabowo saat menghadiri acara Workshop dan Rapat Koordinasi Nasional Partai Amanat Nasional dalam Rangka Mewujudkan Kemenangan PAN Pilkada 2024 di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan, Kamis, 9 Mei 2024. 

"Saya akan berjuang terus, bersama semua kekuatan yang mau diajak kerja sama. Yang tidak mau diajak kerja sama, tidak apa-apa," kata Prabowo dalam sambutannya.

"Kalau ada yang mau nonton di pinggir jalan, silakan, jadi penonton yang baik. Tapi kalau sudah tidak mau diajak kerja sama ya jangan mengganggu. Orang lagi pada mau kerja kok. Kita mau kerja, kita mau kerja, kita mau amankan kekayaan bangsa Indonesia," sambung dia.

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum Partai Gerindra itu juga kembali menegaskan komitmennya untuk menghilangkan kelaparan. Dia tidak ingin melihat adanya rakyat Indonesia yang menangis karena kelaparan.

"Kita mau hilangkan kelaparan. Tidak boleh ada orang Indonesia yang lapar, tidak boleh ada anak-anak yang menangis karena tidak makan. Tidak boleh," pungkas Prabowo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya