Gandeng Saikyo Bank, J-Trust Permudah Pengusaha RI-Jepang Jalin Kemitraan

PT Bank J Trust Indonesia Tbk (J Trust Bank) meneken MoU dengan The Saikyo Bank, Ltd. (Saikyo Bank).
Sumber :
  • Dok. J Trust Bank

Jakarta – PT Bank J Trust Indonesia Tbk (J Trust Bank) meneken Memorandum of Understanding (MoU) dengan The Saikyo Bank, Ltd. (Saikyo Bank) guna menjembatani para pelaku usaha Jepang untuk dapat bermitra dengan pelaku-pelaku usaha di Indonesia.

Bank Mandiri Selektif Cairkan Paylater, Ini Pertimbangannya

Direktur Utama J Trust Bank, Ritsuo Fukadai mengaku, sampai saat ini pihaknya telah menawarkan layanan perbankan lewat 45 cabang, di 31 kota di Indonesia. Hal itu meliputi berbagai layanan keuangan, termasuk pinjaman modal kerja, kepemilikan rumah/apartemen, dan investasi besar-besaran peralatan dan mesin pertanian.

Dia menjelaskan, kerja sama ini dilakukan demi melihat potensi besar pertumbuhan ekonomi Indonesia, sehingga diharapkan dapat turut berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi RI ke depannya.

Jika Lolos Tes Ini, Keamanan Siber Bank di Indonesia Sudah Tangguh

"Kolaborasi ini bertujuan memajukan peluang bisnis dan meningkatkan kesejahteraan di masyarakat Indonesia, dengan integrasi keahlian perbankan dan wawasan keuangan ritel Jepang," kata Fukadai dalam keterangannya, Selasa, 10 Oktober 2023.

Direktur Utama J Trust Bank, Ritsuo Fukadai (kiri)

Photo :
  • Dokumentasi J Trust Bank
Menkeu Sebut Jumlah Dana Pemda Mengendap di Bank Capai Rp 180,9 Triliun

Dia juga berharap, kerja sama dengan Saikyo Bank ini dapat memberikan solusi terhadap berbagai tantangan bisnis di tingkat global, terkait kebutuhan permodalan dan sistem layanan transaksi keuangan.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama The Saikyo Bank, Ltd. Ken Matsuoka mengatakan, pihaknya sangat menyambut baik kerja sama dengan J Trust Bank, untuk membantu mitra bisnis The Saikyo Bank Ltd berekspansi ke Indonesia.

Menurutnya, banyak perusahaan kecil dan menengah yang bekerja sama dengan pihaknya, yang menangani pabrik di kawasan industri. Dia mengakui, banyak di antara mereka yang terampil mengerjakan pekerjaan listrik, pengelolaan air limbah, pembangunan rumah, dan lain sebagainya.

"Saya yakin kecanggihan teknologi perusahaan yang bekerja sama dengan kami, akan bermanfaat bagi Indonesia di masa mendatang," kata Matsuoka.

Dia menilai Indonesia sebagai salah satu negara, dengan potensi terbesar untuk pertumbuhan berkelanjutan di pasar domestik. Bahkan, Dia juga memperkirakan bahwa Indonesia akan menyalip Jepang dalam produk domestik bruto (PDB) di tahun 2050 mendatang.

Karenanya, Dia pun berharap bahwa kerja sama ini juga dapat membantu para pelaku usaha dari kedua negara, untuk berkolaborasi dan saling membantu mendorong perkembangan ekonomi di negara masing-masing.

"Melalui kemitraan bisnis kami dengan J Trust, Saikyo ingin membantu memperkenalkan bisnis kepada perusahaan di Indonesia yang membutuhkan teknologi ini. Saat ini Jepang tengah mengalami penyusutan pasar karena masalah populasi, dan pasar Indonesia dinilai menarik bagi Jepang. Saya ingin berupaya semaksimal mungkin agar kemitraan ini dapat bermanfaat bagi pembangunan Indonesia dan Jepang," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya