Genjot Hilirisasi, MIND ID Gandeng Kementerian ATR Kelola Objek Vital Nasional Pertambangan

Kerja sama MIND ID dan Kementerian ATR
Sumber :
  • Dokumentasi MIND ID.

Jakarta – BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID menggandeng Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional dalam rangka mendukung kinerja perusahaan yang sebagai salah satu objek vital nasional.

Gubernur BI Ungkap Tujuan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025-2030

Meorandum of Undestanding (MoU) antara keduannya pun ditandatangin oleh Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto dengan Direktur Utama PT Mineral Industri Indonesia (Persero) Hendi Prio Santoso.

Dalam Sambutannya Hendi mengatakan, pihaknya merupakan holding multi tambang yang dibentuk oleh negara, yang diberi amanah untuk bisa mengembangkan sumber daya mineral dan batu bara secara maksimal. Karena itu operasionalnya menjadi perhatian.

Pemicu Guncangan Gempa Garut Terasa ke Wilayah Pesisir Jabar Termasuk Sukabumi

“Sangat penting bagi kami mendapat support dan dukungan dari Kementerian ATR/BPN agar permasalahan yang terkait dengan aspek pertanahan, seperti legal, sosial, maupun keamanan di lingkungan Group Holding MIND ID dapat terselesaikan, agar kami bisa menjalankan tugas dengan sebaiknya demi kepentingan bangsa negara.” kata Hendi dikutip dari keterrangannya, Senin, 16 Oktober 2023.

Ilustrasi MIND ID.

Photo :
  • Dokumentasi MIND ID.
Aturan Impor Produk Elektronik Buka Peluang Industri Lokal Jadi Raja di Negeri Sendiri

Dia menjelaskan, kesepakatan ini mendukung komitmen MIND ID sebagai Holding Industri Pertambangan untuk mengeksplorasi dan mengelola potensi sumber daya mineral secara bertanggung jawab dan berkelanjutan. Kerja sama ini juga sesuai komitmen MIND ID untuk mengelola potensi mineral agar dapat menciptakan masa depan lebih baik bagi Indonesia.

Sementara itu, Hadi Tjahjanto mengatakan, banyak sekali laporan dari masyarakat tentang legalisasi pertanahan yang terlapor ke Kementerian ATR/BPN, namun banyak yang ditolak karena tanah tersebut tercatat sebagai aset negara.  Oleh sebab itu kerja sama yang bertujuan untuk menyelamatkan aset negara ini.

“Harapan saya setelah ditandatangani nota kesepahaman ini, maka dapat langsung ditindaklanjuti. Dan saya yakin dengan kerja sama kementerian ATR/BPN dan Group Holding MIND ID maka permasalahan aset di lingkungan Group Holding MIND ID dapat terselesaikan dengan baik ”, ujar Beliau.

Bentuk kerja sama yang akan dilakukan MIND ID dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional antara lain, pendampingan Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KKPR), pendampingan pengadaan tanah untuk kepentingan umum, pengembangan kompetensi SDM dan pertukaran data atau informasi. Selain itu, MIND ID dan Kementerian ATR/BPN juga akan bekerja sama dalam penguatan tata kelola pertambangan.

Menteri Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto

Photo :
  • ATR/BPN

“Salah satu bentuk kerja sama konkret yang akan dilakukan adalah sinergi  penataan ruang kawasan pertambangan. MIND ID dan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional bekerja sama untuk menata ruang kawasan pertambangan agar dapat dimanfaatkan secara optimal dan berkelanjutan,” ungkapnya. 

Lebih lanjut menurutnya, Hal ini dilakukan melalui penyusunan rencana tata ruang wilayah (RTRW) dan rencana tata ruang kawasan (RTRK) yang sesuai dengan kebutuhan industri pertambangan dan masyarakat. Selain itu, kerja sama MIND ID dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak, serta bagi masyarakat dan Indonesia secara keseluruhan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya