Rupiah Menguat Pagi Ini, Kinerja Lapangan Usaha Kuartal III-2023 Jadi Sorotan

Ilustrasi hegemoni dolar AS
Sumber :
  • vstory

Jakarta – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot menguat pada perdagangan Selasa, 17 Oktober 2023. Rupiah menguat sebesar 12 poin atau 0,07 persen ke posisi Rp 15.700 per dolar AS, dibandingkan pada penutupan sebelumnya senilai Rp 15.712 per dolar AS.

Hubungan Israel-Arab Saudi Alot, Menlu AS Temui Pangeran MBS

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp 15.716 per dolar AS.

Analis PT Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi memperkirakan, nilai tukar rupiah akan ditutup melemah pada hari ini. Ibrahim mengatakan kinerja lapangan usaha industri pengelolaan pada kuartal III-2023 meningkat.

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Total Aset TBS Energi Utama 2023 Naik 5,4 Persen

ilustrasi uang dolar

Photo :
  • vstory

"Bahkan, Bank Indonesia mengungkapkan kinerja tersebut berada pada fase ekspansi. Hal tersebut tecermin dari PMI-BI kuartal III-2023 sebesar 52,93 persen yang lebih tinggi dari 52,39 persen pada kuartal sebelumnya," kata Ibrahim dalam risetnya Selasa, 17 Oktober 2023.

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Menurutnya, peningkatan tersebut terjadi pada beberapa komponen pembentuk PMI-BI terutama volume produksi dan volume persediaan barang jadi. Sementara volume total pesanan juga tetap berada dalam fase ekspansi.

Uang dolar AS dan rupiah.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/tom.

"Ini membuktikan bahwa masalah geopolitik yang terjadi saat ini kecil berdampak terhadap kinerja lapangan usaha, industri dan pengelolaan," ujarnya. 

Berdasarkan sub lapangan usaha dia menjelaskan, peningkatan terjadi pada mayoritas sub lapangan usaha. Sedangkan indeks tertinggi terjadi pada industri alat angkutan, industri mesin dan perlengkapan, serta industri barang galian bukan logam.

"Mata uang rupiah fluktuatif. Namun, ditutup melemah direntang Rp 15.710-Rp 15.770," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya