7 Kompensasi Penumpang KAI yang Terdampak Anjloknya KA Argo Semeru

Kecelakaan kereta api KA Argo Semeru dan KA Argo Wilis di Kulon Progo DIY
Sumber :
  • VIVA/Cahyo Edi

Jakarta – PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan memberikan kompensasi kepada para penumpangnya yang terdampak gangguan operasional. 

ITDC Umumkan Tiket MotoGP Mandalika 2024 Didiskon 50 Persen

Gangguan ini diakibatkan anjloknya KA 17 Argo Semeru relasi Surabaya Gubeng - Gambir dan KA 6 Argo Wilis relasi Bandung – Surabaya Gubeng, di kilometer 520 + 4 petak jalan antara Stasiun Sentolo - Stasiun Wates pada Selasa, 17 Oktober 2023 pukul 13.15 WIB.

Kecelakaan kereta api KA Argo Semeru dan KA Argo Wilis di Kulon Progo DIY

Photo :
  • VIVA/Cahyo Edi
Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

Bentuk kompensasi tersebut diantaranya berupa pengalihan perjalanan dengan sarana kereta lain, moda transportasi lain, hingga pengembalian bea jika kereta yang hendak ditumpangi mengalami keterlambatan keberangkatan. 

Dikutip dari akun resmi Instagram KAI, berikut ini adalah 7 poin kompensasi yang diberikan kepada penumpang yang terdampak dalam insiden tersebut.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

1. Penumpang yang bermaksud membatalkan perjalanannya di stasiun keberangkatan atau di tengah perjalanan, karena gangguan operasional yang disebabkan oleh anjlokan KA Argo Semeru (KA 17) & (KA 6) Argo Wilis, sehingga menyebabkan penundaan atau keterlambatan KA yang dinaikinya, maka dapat melakukan pengembalian bea (refund) sebesar 100% di luar bea pesan. 

2. Apabila terjadi penundaan keberangkatan KA di stasiun keberangkatan penumpang yang diperkirakan berlangsung 1 (satu) jam atau lebih, maka dapat melakukan pengembalian bea (refund) sebesar 100% di luar bea pesan. 

3. Jika penumpang bermaksud membatalkan perjalanannya di stasiun keberangkatan atau di tengah perjalanan karena menolak menggunakan sarana kereta atau moda transportasi pengganti, maka dapat melakukan pengembalian bea refund) sebesar 100% di luar bea pesan. 

4. Tiket lain yang dibatalkan dapat dilakukan pengembalian bea (refund) secara langsung sebesar 100%: 

a. Tiket perjalanan kembalinya penumpang (return
b. Tiket kereta api dengan sifat persambungan yang mengalami kegagalan perjalanan untuk kereta api lanjutan 
c. Tiket lain yang masih berlaku yang dimiliki penumpang 

Kereta api angkutan lebaran di Stasiun Yogyakarta

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq

5. Penumpang kereta Suites Class Compartment dialihkan ke kereta Panoramic atau kereta branding lainnya, akan mendapat refund 50% dari harga tiket yang dimiliki. 

6. Penumpang kereta Luxury dialihkan ke kereta Panoramic, Priority, atau Imperial, akan mendapatkan refund 50% dari harga tiket yang dimiliki. 

7. Proses pembatalan dan pengembalian bea dilakukan di loket stasiun online, dengan batas waktu sampai H+7 dari tanggal yang tertera di tiket.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya