Manfaatkan Sayuran Jadi Peralatan Mandi, Pria di Jombang Raup Jutaan Rupiah per Bulan 

Warga Jombang berhasil membuat tanaman sayuran gambas jadi peralatan mandi
Sumber :
  • Uki Rama

Jombang  – Sungguh sangat kreatif, hal yang dilakukan Lutfil Hakim, warga asal Desa Denanyar, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Di tangan pria berusia 48 tahun yang terampil itu, sayuran gambas disulap menjadi kerajinan tangan bernilai jual tinggi.

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Tanaman sayuran gambas diubahnya menjadi peralatan mandi. Mulai dari gosokan punggung, hingga alat untuk membalur tubuh dengan sabun cair.

Ditemui di rumahnya yang ada di perum Denanyar Indah. Hakim mengaku menekuni usaha ini sejak tiga bulan yang lalu. Namun, dalam sebulan ia sudah bisa meraup cuan hingga jutaan rupiah per bulannya.

Detik-detik Bus Pahala Kencana Hangus Terbakar di Tol Jomo, Diduga Gegara Pecah Ban

Warga Jombang berhasil membuat tanaman sayuran gambas jadi peralatan mandi

Photo :
  • Uki Rama

"Ini kerajinan sikat punggung, ada yang untuk mandi. Untuk saat ini ada tiga jenis. Bahan dasarnya gambas lova, saya manfaatkan untuk pembuatan sikat punggung dan sikat mandi. Ada tiga jenis alat gosok, serbaguna. Di antaranya, alat gosok punggung, shower untuk mandi. Dan alat gosok cuci," kata Hakim, Jumat 20 Oktober 2023.

Bus Bandung-Denpasar Terbakar di Tol Jomo, 36 Orang Penumpang Selamatkan Diri

Dalam sehari, bapak 3 anak itu mengaku bisa memproduksi 30 kerajinan tangan berbahan dasar gambas, dengan ditemani satu karyawannya. Dan siapa sangka, hasil tangan dinginnya itu langsung diminati pasar.

"Awalnya ya lihat-lihat ini saja di pasaran, seperti apa dan ternyata bagus kalau produksi dan alhamdulilah jalan. Sehari bisa 20 sampai 30 kerajinan tangan berbahan gambas," ujar Hakim. 

Ia pun menjelaskan, untuk setiap hasil karyanya, dijual dengan harga berbeda. Untuk alat gosok mandi yang biasa, harganya cukup murah. Sedangkan alat gosok punggung untuk mandi dibandrol dengan harga berbeda juga.

"Kalau yang ini (alat gosok mandi) itu bisa dari Rp9.500, sedangkan yang alat gosok punggung itu harganya Rp12.500. Tapi kadang harganya bergantung dari banyaknya pemesanan, kalau ambil banyak bisa lebih murah," tutur Hakim. 

Produk Warga Jombang tanaman sayuran gambas diubah menjadi peralatan mandi

Photo :
  • Uki Rama

Dengan memiliki harga jual yang tinggi, kerajinan berbahan dasar tanaman sayur gambas itu, ia mengaku mendapatkan omzet yang cukup lumayan besar setiap bulannya. Lantaran dalam sebulan dia mampu menjual 500 biji, kerajinan tangan berbahan dasar gambas.

"Omzet per bulannya kurang lebih Rp9 juta, kadang bisa lebih dari itu. Tapi kalau di rata-rata selama tiga bulan terakhir ini ya sekitar Rp9 juta. Sebulan bisa jual 400 sampai 500 biji," kata Hakim. 

Ia pun menjelaskan bahwa kerajinan berbahan alami dari tanaman sayur gambas itu, lebih diminati pasar , lantaran dianggap ramah lingkungan.

"Kelebihannya ramah lingkungan, jadi intinya kita kan di situ untuk mengurangi sampah-sampah sekitar," tuturnya.

Ia menyebut, permintaan pesanan terus berdatangan, mulai dari lokal Jombang, hingga ke luar Jombang, hingga antar provinsi.

"Yang pesan dari lokal Jombang ada, kalau luar Jombang itu, Mojokerto, Surabaya. Nah kalau ke luar provinsi Jawa Timur, ya ada pesanan dari orang Yogyakarta," kata Hakim. 

Sementara itu, Faiz (19 tahun) salah satu pelanggan yang kebetulan ada di lokasi pembuatan kerajinan berbahan dasar gambas, mengaku ia sengaja datang jauh dari Probolinggo, untuk membeli kerajinan tangan karya Lutfil Hakim.

"Ke sini mau beli alat gosok punggung yang terbuat dari gambas. Ya sengaja memilih ini, karena bahannya ramah lingkungan. Dan kebetulan saya memang sudah langganan di sini," ujar Faiz.

Ia pun menjelaskan kedatangannya untuk membeli alat gosok punggung berbahan dasar gambas itu, untuk dijual kembali di pasar.

"Kadang satu bulan sekali hingga dua kali. Soalnya selain ada yang dipakai pribadi, juga saya jual ke temen-temen kuliah itu biasanya. Selain gosok punggung, saya biasanya beli yang ini (alat gosok punggung) buat mandi," tutur Faiz. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya