Erick Thohir Tegaskan BUMN harus Jadi Penyeimbang Pasar, Selain Cari Cuan Buat Negara

Menteri BUMN Erick Thohir.
Sumber :
  • M Yudha P / VIVA.co.id

Jakarta – Dalam empat tahun kepemimpinan Erick Thohir sebagai menteri BUMN, sejumlah perubahan dan transformasi yang dilakukan tidak hanya terjadi pada internal Kementerian BUMN, melainkan juga pada seluruh BUMN di bawah kepemimpinannya.

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Dia menegaskan, transformasi adalah keharusan untuk menjadikan BUMN semakin sehat, tangguh, profesional, kompetitif, dan berkelas dunia. Menurutnya, hal ini sangat penting karena BUMN adalah benteng ekonomi dan lokomotif kemajuan.

"Agar BUMN dapat lebih optimal dalam melayani masyarakat, menjadi penyeimbang pasar, memberikan dampak sosial, dan menghasilkan pendapatan bagi negara," kata Erick dalam keterangannya, Rabu, 25 Oktober 2023.

Erick Thohir : Satu Game Lagi Sudah Kunci ke Olimpiade, Kalau Dua Game Kita Juaranya

Salah satu BUMN yang telah menerapkan transformasi sesuai arahan Erick Thohir ini adalah Perum Perumnas. Melalui serangkaian program strategis dan transformasi pada segala aspek yang gencar dilaksanakan dalam kurun empat tahun terakhir, Perumnas berhasil capai peningkatan kinerja produksi maupun perbaikan kondisi keuangan.

Rumah cluster terjangkau dan subsidi yang ditawarkan Perumnas.

Photo :
  • Dok. Perumnas
IDSurvey: BUMN Perlu Adaptif Hadapi Gejolak Ekonomi yang Tidak Stabil

Sepanjang tahun 2019-2023, pembangunan hunian Perumnas semakin turut mempertimbangkan ketersediaan lahan dan mobilitas masyarakat. Berangkat dari kombinasi dinamika tersebut, Perumnas pun gencar menggarap hunian berkonsep Transit-Oriented Development (TOD) di tiga lokasi berbeda.

Antara lain yakni Depok, Rawabuntu Tangerang Selatan dan Tanjung Barat Jakarta Selatan yang masing-masing dirancang dalam program Hunian Milenial untuk Indonesia dan telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, di Samesta Mahata Margonda Depok pada April 2023 lalu. 

Senior Associate Director Colliers Indonesia, Ferry Salanto menambahkan, hunian berkonsep TOD saat ini makin diminati oleh sebagian masyarakat. Terutama di tengah persoalan kenaikan harga BBM dan pajak kendaraan bermotor, pembatasan plat ganjil genap, dan rencana penerapan ERP di beberapa jalan di Jakarta.

Menteri BUMN yang juga Menko Marves Ad Interim, Erick Thohir di China

Photo :
  • Dok. BUMN

"Peluang hunian TOD di DKI Jakarta menjelaskan bagaimana pengembangkan konsep TOD didorong oleh tren pembangunan sarana transportasi massal," kata Ferry.

Diketahui, dalam Peresmian Hunian Milennial TOD Perumnas pada April 2023 lalu, Erick Thohir juga sempat menuturkan bahwa hunian TOD ini memberikan one stop solution atas berbagai permasalahan. Yakni dari backlog hunian, kepemilikan hunian oleh milenial, kemacetan, hingga gerak perekonomian masyarakat.

Hunian Milenial yang diusung Perumnas dengan sinergi antar BUMN ini, menghadirkan hunian milenial yang terjangkau dan terhubung dengan akses transportasi sehingga memudahkan mobilisasi. Hal itu ditambah dengan konsep hunian yang sesuai gaya hidup milenial, dengan persyaratan dan angsuran KPR yang lebih mudah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya