Rosan Roeslani Mundur, Erick Thohir Lapor Jokowi Tak Butuh Wamen BUMN Baru

Menteri BUMN, Erick Thohir.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menghormati keputusan Rosan Roeslani yang mengundurkan diri dari jabatan Wakil Menteri BUMN II setelah menjadi Ketua Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Maju (KIM).

MUI Ajak Masyarakat Doakan Timnas Indonesia: Juara Piala Asia U-23 dan Lolos Olimpiade

Erick memastikan Kementerian BUMN tidak akan memiliki Wamen baru untuk menggantikan Rosan. Menurutnya, jabatan Wamen BUMN cukup diisi oleh Kartika Wirjoatmodjo yang saat ini menjabat sebagai Wamen BUMN I. 
 
"Saya sudah lapor bapak Presiden, bahwa satu saja Wamennya, pak Tiko (Kartika Wirjoatmodjo), yang selama ini juga beliau, kebetulan kemarin beliau lagi tour of duty. Jadi cukup satu, saya juga enggak ke mana-mana. Kita fokus dengan pekerjaan yang ada," kata Erick. di Jakarta, Sabtu, 28 Oktober 2023.

Presiden Jokowi didampingi Menteri BUMN Erick Thohir

Photo :
  • Dok. Istimewa
Pengakuan Prabowo Dibantu Jokowi Persiapkan Diri Jelang Pelantikan Presiden Bulan Oktober

Sebelumnya, Kementerian Sekretariat Negara telah menerima surat pengunduran diri dari Wakil Menteri BUMN Rosan Roeslani pada 24 Oktober 2023. Merespon permohonan tersebut, Presiden mengabulkan dengan mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) pada 25 Oktober 2023 yang menyatakan Rosan diberhentikan secara hormat dari posisi Wakil Menteri BUMN. 

Rosan diketahui telah dipilih sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mengusung bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden ​​​​Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024. 

Ganjaran Kementerian BUMN untuk Pelindo karena Bantu Promosikan UMKM

Koordinator Staf Khusus Presiden RI AAGN Ari Dwipayana mengatakan, Rosan mengajukan pengunduran diri pada Selasa, 24 Oktober 2023. Sementara, Presiden Jokowi juga telah menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) pada Rabu tertanggal 25 Oktober 2023, yang menyetujui pengunduran diri Roslan.

Ketua Umum Kadin, Rosan Perkasa Roeslani.

Photo :
  • VIVA/Adi Suparman

"Presiden telah mengabulkan permohonan pengunduran diri Wamen BUMN, Rosan P. Roeslani. Wamen BUMN ini secara resmi diberhentikan dengan hormat melalui Keppres tertanggal 25 Oktober 2023. Sebelumnya, Rosan telah mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai Wamen BUMN terhitung tanggal 24 Oktober 2023,” kata Ari Dwipayana. 

Rosan Roeslani ditunjuk sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional KIM dalam pidato Prabowo pada acara deklarasi dirinya dan Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal pasangan capres dan cawapres Pilpres 2024. Dalam kesempatan itu, Prabowo menyapa Rosan sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional KIM, koalisi partai politik yang terdiri dari Partai Gerindra, Golkar, Demokrat, Gelora, PAN, PBB, Garuda, dan Prima. 

"Yang saya hormati, Pak Rosan Roeslani, Ketua Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Maju," kata Prabowo di Indonesia Arena, Jakarta, Rabu. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya