Harga Cabai Rawit Makin Pedas, Bapanas Dorong Mobilisasi Pasokan dari Daerah Surplus

Pedagang menyortir cabai rawit. (Ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Jakarta - Pemerintah berupaya menstabilisasi pasokan dan harga cabai rawit merah (CRM), yang mengalami peningkatan dalam beberapa waktu terakhir. Harga rata-rata cabai rawit merah di tingkat nasional kini sebesar Rp 51.872 per kg atau masih berada di atas Harga Acuan Pembelian/Penjualan (HAP). 

Harga Eceran Tertinggi Beras Medium Dinaikkan Meski Panen Raya, Ini Rinciannya Per Wilayah

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengatakan, pihaknya terus mendorong mobilisasi pasokan dari daerah surplus ke daerah defisit untuk membangun pemerataan distribusi di seluruh wilayah. 

“Kita mendorong pemerintah daerah untuk saling membangun kerja sama antar daerah (KAD) sehingga cabai di daerah yang masih produksi dan harganya stabil dapat mendistribusikan cabai ke daerah defisit atau daerah dengan harga cabai yang tinggi.” ujar Arief dalam keterangannya, Rabu, 1 November 2023. 

HKTI Usulkan HPP Gabah Naik Jadi Rp6.757

Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo

Photo :
  • VIVA/Agus Setiawan

Penguatan KAD ini diyakini selaras dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta agar terbangun konektivitas yang membuat produksi pangan di daerah surplus terdistribusi ke daerah defisit secara merata. Hal ini untuk menjaga kestabilan harga. Bahkan KAD ini akan  mengoptimalkan pemanfaatan dana APBD dan BTT (Belanja Tidak Terduga). 

Daftar Harga Pangan 17 April 2024: Cabai Rawit hingga Telur Ayam Naik

Selain itu, Arief mengatakan, melalui dana dekonsentrasi yang dialokasikan di Badan Pangan Nasional, Pemda Provinsi dan Kabupaten/Kota terus menggencarkan Gerakan Pangan Murah (GPM) di seluruh daerah. Hingga saat ini, total kegiatan GPM menyasar hingga 1.133 lokasi dengan rincian 257 lokasi di 35 provinsi dan 876 lokasi di 332 kabupaten/kota. 

"GPM Serentak Nasional menggunakan anggaran pusat dan dana dekonsentrasi dari NFA yang diperuntukkan ke seluruh daerah. Kami harapkan, semua Kepala Dinas yang menangani urusan pangan dapat mengoptimalkan pemanfaatan anggaran dekonsentrasi tersebut untuk mendukung kegiatan stabilisasi pasokan dan harga pangan serta pengendalian inflasi di wilayahnya, mengingat saat ini sudah mulai memasuki akhir tahun," jelasnya.

Berdasarkan data Panel Harga Pangan NFA ,30 Oktober 2023, harga rata-rata nasional cabai rawit merah (CRM) di tingkat produsen sebesar Rp 50.310/kg. Angka itu masih di atas HAP sebesar Rp 25.000 per kg-Rp. 31.500 per kg.  Untuk harga tertinggi terjadi di Sulawesi Utara Rp 72.500/kg dan terendah di Sulawesi Selatan Rp 25.400/kg. 

Sementara itu, di tingkat konsumen harga rata-rata nasional CRM Rp 51.872/kg, masih berada di atas HAP sebesar Rp 40.000-Rp 57.000 per kg. Harga tertinggi di Maluku Rp 93.419/kg dan terendah di NTT Rp 43.000/kg.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya