Sukses Ganti Pipa Bawah Air, Produksi Minyak PHE OSES Naik Jadi 20.500 BOPD

Blok Offshore South East Sumatra. (ilustrasi blok migas)
Sumber :
  • Pertamina

Jakarta – Pertamina melalui PT Pertamina Hulu Energi Offshore South East Sumatera (PHE OSES), telah menyelesaikan proyek penggantian pipa bawah air 12 inchi di pipa minyak utama (main oil line) Krisna P - Cinta P, sepanjang 30 km.

Smelter Freeport di Gresik Mulai Produksi Agustus 2024 dengan Kapasitas 50 Persen

General Manager PHE OSES, Antonius Dwi Arinto memastikan, keberhasilan penggantian pipa ini akan memberikan kontribusi produksi minyak rata-rata harian dari Central Area, sebanyak 6.100 barel minyak per hari (BOPD).

"Sehingga menambah akumulasi produksi PHE OSES sebesar 20.500 barel minyak per hari (BOPD)," kata Antonius dalam keterangannya, Rabu, 1 November 2023.

Honda Bakal Jor-joran Produksi Motor Listrik Tahun Ini

Ilustrasi industri hulu migas RI (anjungan lepas pantai/offshore platform)

Photo :
  • Dok. Pertamina

Proses instalasi pipa bawah air yang telah dimulai awal Agustus 2023 lalu, telah berhasil diselesaikan melalui proses penyambungan dengan selamat dan tepat waktu. Hingga tanggal 30 September 2023, sebanyak 48 sumur-sumur minyak di Central Business Unit (CBU), yang mulanya tidak berproduksi sementara saat proyek penggantian pipa berlangsung, sekarang berangsur berproduksi kembali.

Ini Dia Bagaimana Pencetakan 3D Bisa Membantu Banyak Bisnis Indonesia

"Pekerjaan penyambungan pipa terlaksana dengan memenuhi aspek keselamatan kerja dan lingkungan," ujarnya.

Produksi ini secara teknis dan operasional telah berkontribusi meningkatkan aspek keekonomian Lapangan WK OSES yang cukup besar, dan memberi dampak signifikan pada kelangsungan produksi minyak serta dampak positif bagi industri migas nasional. Karenanya, Antonius mengungkapkan bahwa penyelesaian proyek ini menjadi langkah yang sangat penting, dalam upaya peningkatan produksi.

"Proyek ini merupakan wujud komitmen keandalan operasional yang aman dan selamat serta berdampak positif bagi Perusahaan dan juga sosial masyarakat di lingkungan sekitar wilayah operasi PHE OSES," ujarnya.

Senada, Direktur PHE OSES, Wisnu Hindadari, mengapresiasi kolaborasi kerja yang solid dalam menuntaskan penggantian pipa sehingga produksi PHE OSES dapat kembali dioptimalkan.

Dia pun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, termasuk SKK Migas dan stakeholder pemerintah terkait. Serta kepada masyarakat di seputar wilayah operasi, atas sinergi dan kontribusinya dalam proyek ini.

"Sehingga ke depannya membuka peluang untuk Pengembangan Lapangan lebih lanjut, yang berkontribusi positif untuk negara," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya