Bos Lion Group Curhat ke Menteri Jokowi Sering Diminta Tekan Harga Tiket Pesawat

Presiden Direktur Lion Air Group Capt. Daniel Putut Kuncoro Adi (tengah)
Sumber :
  • Dok Lion Air Grup

Jakarta - Presiden Direktur Lion Air Group, Daniel Putut Kuncoro Adi curhat, kepada para menteri kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal harga tiket pesawat. Sebab, dia kerap kali diminta untuk menekan harga tiket pesawat.

INACA Tak Setuju Iuran Pariwisata Masuk Dalam Komponen Tiket Pesawat, Ini Alasannya

"Saya sampaikan proses yang sedang terjadi di dalam industri transportasi. Karena saya memang banyak sekali permintaan-permintaan untuk bisa menekan harga tiket pesawat," kata Daniel dalam Kompas 100 CEO Forum ke-14 Rabu, 1 November 2023.

Namun, Daniel mengatakan bahwa Pemerintah sudah mengarahkan untuk melakukan kolaborasi kepada seluruh Kementerian Lembaga (K/L) agar tiket pesawat kembali normal.

Paket Promo ke Destinasi Wisata Dunia Bisa Dapat Diskon Rp 12 Juta, Simak!

Armada pesawat Lion Air

Photo :
  • ANTARA Foto/Muhammad Iqbal

"Tetapi banyak hal yang sudah kami dibimbing oleh Bapak Menteri Perhubungan untuk berkolaborasi dengan seluruh K/L. Dan ini mudah-mudahan bisa segera terlaksana," ujarnya.

Menhub dan Menkes Ikut Pindah ke IKN Juli 2024, Basuki: Menkeu Belum 

"Khususnya dengan bahan bakar kemudian finance atau mata uang. Kemudian dengan biaya masuk PPN dan PPh karena industri transportasi udara kami memiliki maintenance prepare organisasi yang overwhole yang kita juga memerlukan kebijakan-kebijakan tersebut," tambahnya.

Sementara pada kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa saat ini dunia aviasi sedang mengalami cobaan besar.

"Karena setelah adanya COVID maka pesawat-pesawat itu menjadi terbatas, bukan saja karena pesawatnya terbatas tetapi suku cadangnya terbatas," jelasnya.

Dia menjelaskan, semula RI memiliki 650 pesawat. Tetapi, kini RI hanya memiliki 400 pesawat. Bahkan, untuk pesawat kecil jenis ATR juga jumlahnya turun drastis.

Selain itu, Budi mengungkapkan tingginya harga avtur menjadi faktor besar dari mahalnya harga tiket pesawat. "Faktor menjadi hal yang paling besar karena avtur adalah 40 persen daripada cost. Di sini ada Pertamina? Kalau Pertamina bisa menurunkan harga avtur sama dengan Singapura, ini sangat membantu," terangnya.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya