Simpanan di Atas Rp 5 Miliar Tumbuh 7,82%, LPS Ungkap Rinciannya

Ilustrasi menabung.
Sumber :
  • vstory

Bandung – Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mencatat pertumbuhan simpanan di atas Rp 5 miliar pada September 2023 meningkat. Direktur Grup Riset LPS Herman Saherudin menegaskan bahwa tabungan jumbo itu tumbuh 7,82 persen secara tahunan.

LPS Telah Bayarkan Klaim Simpanan Nasabah Rp 237 Miliar hingga 29 April 2024

"Naik turunnya simpanan itu, sebaiknya tidak dilihat dari satu titik. Jadi kalau misalnya September ini simpanan di atas Rp 5 miliar lebih tinggi daripada yang lalu, bukan berarti ada indikasi bahwa pengusaha 'wait and see'," ujar Herman dalam paparannya saat Workshop LPS di Bandung, Kamis, 9 November 2023.

Direktur Grup Riset Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Herman.

Photo :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham.
Kata Anies Ditanya Bakal Maju Pilgub Jakarta atau Gabung Pemerintahan Prabowo

Herman pun menjelaskan komposisi simpanan di atas Rp 5 miliar itu terdiri dari swasta 49 persen serta BUMN dan BUMD 11,4 persen yang jika dijumlah mencapai 60 persen. Lalu dari pemerintah daerah 11 persen, sehingga lebih banyak dari korporasi.

"Jadi kalau kita bilang simpanan di atas Rp 5 miliar itu punya orang kaya tidak begitu juga. Perseorangan (porsinya) hanya 17 persen," ucapnya.

PDIP Siap Usung Khofifah di Pilgub Jatim 2024, Risma Tak Masuk Rekomendasi

Herman mengakui pengusaha saat menjelang tahun politik memang memilih 'wait and see'. Namun, kenaikan simpanan di atas Rp 5 miliar tersebut fluktuasinya masih tidak banyak.

"Jadi tidak signifikan secara statistik berbeda dengan rata-rata selama empat bulan ke belakang," tuturnya.

Maka itu, Herman memastikan fluktuasi belum memberikan indikasi yang kuat. Khususnya untuk menentukan investasi akan tetap kuat atau 'wait and see'.

"Tetapi paling tidak menunjukkan bahwa pertumbuhannya segitu-gitu saja. Jadi artinya saya menerjemahkan, mereka untuk berinvestasi saat ini mungkin belum cenderung melambat, tetapi tidak akan tumbuh lebih cepat," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya