Soroti Sejumlah BUMN Karya Bangkrut, Ganjar Bilang Begini

Bakal capres Ganjar Pranowo di Sekolah PDIP
Sumber :
  • Ist

Jakarta – Ganjar menyoroti nasib sejumlah perusahaan BUMN Karya yang bangkrut selama era kepemimpinan Jokowi. Ia menganggap bahwa apa yang terjadi pada perusahaan-perusahaan itu adalah dampak buruk dari pembangunan infrastruktur besar-besaran tanpa pemikiran yang matang.

Anies Sebut PKS Sedang 'Galau'

Calon Presiden itu merasa bahwa faktor utama yang membuat BUMN Karya harus ‘tutup buku’ itu ialah tata kelola yang buruk. Keserakahan perusahaan ‘pelat merah’ untuk memegang proyek secara penuh pun menimbulkan masalah lain.

ilustrasi pembangunan infrastruktur.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Risky Andrianto
NasDem Mau Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran, Surya Paloh: Kita Sadar Diri

Ganjar merasa bahwa strategi tersebut justru menimbulkan peluang oknum ‘nakal’ untuk melakukan penyelewengan anggaran yang sudah disiapkan pemerintah.

"Ini yang saya maksud sebagai sesuatu yang prudent. Kita gak boleh ugal-ugalan," kata Ganjar dalam acara Sarasehan 100 Ekonom 2023, yang dikutip Kamis, 9 November 2023.

Cara Taspen Perkuat Srikandi Jadi Penggerak Finansial

Ditambah saat ini pemerintah sudah mengalokasikan anggaran khusus untuk menyelamatkan BUMN Karya yang justru saat ini hampir hilang ditelan utang. Selain itu, BUMN yang mengalami kerugian pun diketahui Ganjar tidak mendapatkan sanksi apapun. 

"Ada gak sih penalty buat mereka [BUMN], kalau kamu gak perform,” katanya.

Seperti diketahui, dalam setahun terakhir terungkap masalah pada sejumlah BUMN Karya. Hal ini berujung hingga utang vendor yang menumpuk dan gagal bayar surat utang. 

Ilustrasi pembangunan infrastruktur.

Photo :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

Oleh karena itu, Ganjar akan mengkaji perusahaan-perusahaan BUMN Karya bersama dengan pasangannya, Mahfud MD, untuk mendapatkan solusi terbaik dalam mengelola dan menyelamatkan BUMN Karya yang telah bangkrut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya